Jokowi Nilai Sumsel Siap Gelar Asian Games

Senin, 08 Desember 2014 - 10:11 WIB
Jokowi Nilai Sumsel Siap Gelar Asian Games
Jokowi Nilai Sumsel Siap Gelar Asian Games
A A A
PALEMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Sumsel sudah siap untuk menyelenggarakan Asian Games 2018.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat meninjau Jakabaring Sport City (JSC) kemarin. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, JSC memiliki fasilitas yang komplit. Tidak hanya memiliki venuesberstandar internasional, JSC juga memiliki fasilitas penginapan, hall dan tempat makan bagi atlet.

“Fasilitasnya sudah bagus dan lengkap, pemeliharaannya juga sudah baik. Kita tinggal tunggu penghijauannya. Kalau saya lihat, Sumsel sudah siap untuk Asian Games 2018,” ujar presiden yang didampingi ibu negara Iriana Jokowi dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Meskipun mengakui JSC telah memiliki fasilitas yang lengkap, mantan Wali Kota Solo itu menyatakan, tetap meneruskan pembangunan kompleks olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Alasannya, karena tidak mau mubazir. Jokowi akan memerintahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melanjutkan pembangunan pusat pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga nasional tersebut.

“Itu kan sudah menghabiskan berapa triliun,” ujarnya. Saat meninjau JSC, sejumlah atlet tengah berlatih untuk menghadapi ASEAN University Games (AUG). Kepala negara dan istri juga sempat menyaksikan atlet renang dan menembak berlatih. Pernyataan mengenai kesiapan Sumsel menggelar Asian Games sebelumnya telah disampaikan Menpora Imam Nahrawi, saat meninjau JSC Jumat (5/12) lalu.

Sama seperti Jokowi, Imam menyebut fasilitas di JSC sudah bagus dan berstandar internasional. “Fasilitas olahraga di daerah ini cukup bagus sehingga pelaks anaan Asian Games benar-benar siap. Begitu juga kolam renang di daerah ini bila dibandingkan Jakarta cukup bagus sehingga provinsi ini akan menjadi tuan rumah utama. Yang jelas, Sumsel benar-benar siap menjadi tuan rumah Asian Games apalagi POM ASEAN,” ucap politikus PKB itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, mengenai permintaan gubernur untuk memaksimalkan gedung tempat pengembangan ilmu olahraga di Jakabaring pihaknya akan mendukung. Apalagi kemajuan olahraga sangat diutamakan dalam pembangunan saat ini.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyatakan, akan terus mengembangkan fasilitas pendukung untuk Asian Games 2018. Danau yang selama ini tempat pertadingan ski air akan dikembangkan lagi dan juga dapat dijadikan pertandingan dayung.

Fajri/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6465 seconds (0.1#10.140)