Banjir Cileuncang Kepung Kota Kembang

Kamis, 04 Desember 2014 - 10:53 WIB
Banjir Cileuncang Kepung Kota Kembang
Banjir Cileuncang Kepung Kota Kembang
A A A
BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung kemarin siang menyebabkan sejumlah kawasan disergap banjir cileuncang.

Banjir yang merendam jalanan setinggi 50 sentimeter, juga menimbulkan kemacetan. Pemantauan KORAN SINDO, banjir terparah terjadi di Jalan Leuwipanjang. Sepanjang jalan tersebut, mulai dari perempatan Jalan Soekarno- Hatta-Cibaduyut-Leuwipanjang hingga yang mengarah ke Jalan Peta tergenang air.

Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok di tengah jalan. Namun ada juga motor yang memilih menepi ke sisi jalan. Andi, 23, salah seorang penjaga toko pakaian yang berada di Jalan Leuwipanjang mengatakan, banjir selalu terjadi setiap turun hujan besar. Sungai kecil yang berada di tengah-tengah badan jalan, selalu meluap lantaran banyaknya sampah yang dibuang ke sungai tersebut.

“Karena banyaknya sampah, mengakibatkan mampet. Kondisinya memang selalu begini kalau hujan besar,” ujarnya kepada KORAN SINDO, sembari mem bersihkan halaman tokonya yang terendam air. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Cibaduyut. Genangan air setinggi lutut orang dewasa membuat kawasan di sentra sepatu ini disergap banjir cileuncang.

Salah seorang juru parkir, Rohman, 44, menuturkan, banjir terjadi karena tersendatnya gorong gorong oleh banyaknya sampah. Kondisi ini kata dia, selalu terjadi setiap hujan deras. “Bisa lihat kan sampah di mana mana-mana. Karena gorong-gorongnya tersendat. Sehingga airnya meluap,” katanya.

Tak hanya dua jalan itu saja, hampir sebagian besar ruas jalan di Kota Bandung disergap banjir cileucang. Bahkan Jalan Diponegoro yang berlokasi di depan kantor pemerintahan, Gedung Sate, juga tak luput dari banjir. Selain itu banjir dengan ketinggian bervariasi juga terjadi di beberapa kawasan seperti Jalan Riau, Jalan WR Supratman, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Riau. Akibatnya dari banjir ini, arus lalu lintas tersendat.

Di media sosial, sejumlah warga juga berkicau terkait banjir yang terjadi di Kota Bandung. Salah satunya pemilik akun @13andani: Jalan Kopo depan Hotel Grand Kopo dan RS Immanuel banjir. Hati hati. Selain itu ada juga pemilik akun @sopiana_doank: Soekarno hatta sebelum stopan Pasir dari arah bunderan Cijerah- Koja, banjir cileuncang, @ridwankamil.

Tak hanya banjir, hujan deras disertai angin kencang juga membuat sebuah pohon yang berada di depan RS Imanuel tumbamg. Beruntung tidak ada korbam jiwa dalam peristiwa ini.

Dian Rosadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8750 seconds (0.1#10.140)