Guru SD Juara Lomba Penulisan Cerpen Nasional

Selasa, 02 Desember 2014 - 07:13 WIB
Guru SD Juara Lomba Penulisan Cerpen Nasional
Guru SD Juara Lomba Penulisan Cerpen Nasional
A A A
SEMARANG - Erfiyanti Nailul Hikmah, jadi satu-satunya peserta dari Jateng yang meraih prestasi nasional pada lomba penulisan cerpen yang digelar oleh Faber-Castell. Guru SD Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini meraih juara ketiga pada salah satu kategori, dari total lima kategori yang dilombakan.

"Sesuai dengan tema yang dilombakan, yakni "Best Adventure" saya menceritakan petualangan saya melalui buku-buku yang sering saya baca. Dari situ kemudian saya merangkumnya menjadi cerpen berjudul "Menggenggam Dunia" yang saya kirimkan melalui lomba cerpen yang digelar secara online itu," ujarnya, Senin (1/12/2014).

Lomba cerpen kali ini diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Setidaknya, terkumpul sekitar 2000-an cerpen ke pihak panitia. Dari ribuan karya cerpen tersebut, kemudian disaring menjadi 90 karya, kemudian menjadi 30 karya, dan terakhir 11 karya yang terbagi pada lima kategori.

Masing-masing Kategori A untuk peserta usia 15-20 tahun dengan dipilih tiga pemenang, kategori B untuk peserta usia 21-30 tahun dengan tiga pemenang, kategori C untuk peserta usia 30 tahun ke atas dengan tiga pemenang, kemudian kategori tulisan terindah dan kategori juara favorit dengan masing-masing dipilih satu pemenang.

"Dan saya masuk pada kategori B memperoleh juara ketiga. Senang juga bisa terpilih karena harus bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Semoga apa yang saya raih ini dapat menjadi penyemangat untuk menulis cerpen lebih banyak lagi," beber alumni Universitas Silam Sultan Agung (Unissula) Semarang ini.

Product Manager PT Faber Castell Internasional Indonesia Christian Herawan menyebutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang. Melalui lomba tersebut, diharapkan mampu memberikan wadah bagi para penulis-penulis muda di tanah air.

"Tahun depan kami akan menggelar kegiatan serupa untuk mengajak generasi-generasi muda Indonesia kembali berkreasi dan memaparkan ide-ide mereka melalui tulisan," katanya melalui siaran pers.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5776 seconds (0.1#10.140)