Semakin Unik dan Tua, Harga Semakin Mahal

Kamis, 27 November 2014 - 12:48 WIB
Semakin Unik dan Tua, Harga Semakin Mahal
Semakin Unik dan Tua, Harga Semakin Mahal
A A A
SEMARANG - Siapa bilang mempercantik taman hanya menggunakan bunga dan pohon-pohon kecil. Saat ini banyak pencinta taman yang mulai melirik memindahkan pohon-pohon besar berusia puluhan tahun dari hutan ke pekarangan.

Bagi pencinta taman yang ingin mempercantik taman dengan pohon unik, besar, dan tua, sekarang bukanlah hal yang sulit. Sebab, banyak penyedia jasa penjualan pohon-pohon besar yang kini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di Kota Semarang, salah satu penjual pohon besar tersebut adalah Frida.

Bertempat di Jalan Siliwangi Kota Semarang, tepatnya di belakang kantor Samsat Online III Semarang, Frida menjajakan ratusan pohon besar untuk keperluan taman itu. Berbagai jenis pohon seperti pule, kamboja, maja, dan pohon lain berjajar rapi di tempat itu. Pohon-pohon yang berdiameter cukup besar dengan tinggi sekitar 5 meter berusia puluhan tahun itu merupakan pohon taman yang siap dijajakan.

“Saat ini memang sedang tren taman yang ditanami pohon-pohon besar berusia puluhan tahun. Melihat peluang bisnis itu, saya kemudian tertarik mencobanya,” ungkap Frida mengawali obrolan bersama KORAN SINDO kemarin.

Ketertarikan Frida tidak terlepas dari pengalamannya di bidang pertamanan di Kota Semarang. Selama ini banyak warga Semarang yang mencari pohon besar itu dari daerah lainnya, seperti Yogyakarta dan Jakarta. “Melihat itu, saya mencoba membuka di Semarang. Setahu saya di Kota Semarang belum ada,” kata dia.

Pohon-pohon tersebut diambil dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Faktor keunikan dan usia pohon menjadi penilaian utama dalam pemilihan pohon. “Jadi tidak sembarangan, kategorinya pohon harus unik, besar, dan tua. Jika menemukan itu, pohon kemudian dibongkar hingga akarnya dan dipotong sekitar 5 meter. Jadi, yang diambil hanya bonggolnya,” ungkapnya.

Bonggol-bonggol pohon itu kemudian dibawa ke tempat khusus dan dirawat dengan baik. Setelah beberapa lama, bonggol pohon akan bersemi dan menjadi tanaman yang indah serta unik.

“Harganya bervariasi, tergantung fisik pohon. Semakin unik bentuknya, semakin tua usianya, maka harganya juga semakin mahal. Di tempat saya itu ada yang seharga Rp100 juta, ada juga yang hanya Rp1 juta,” papar pemilik usaha pembuatan taman Lotus Landscape ini tersenyum.

Salah satu pelanggan yang sedang melihat-lihat pohon besar, Suryanto, 34, warga Ungaran mengaku sedang mencari tanaman untuk taman rumahnya. Dia juga tertarik dengan pohon-pohon besar yang ada di lokasi itu. “Bentuknya unik-unik, ada yang seperti sapi, ada yang seperti manusia, dan sebagainya. Saya juga tertarik membelinya untuk ditanam di rumah,” ucapnya.

Taman berisi pohon tua dari hutan saat ini memang sedang tren. Banyak tempat yang pernah ia kunjungi yang menggunakan pohon-pohon itu. “Terkesan artistik, alami, dan indah. Sangat cocok dijadikan pemanis rumah, hotel, apartemen, dan lainnya. Selain itu, sepertinya perawatannya juga gampang,” ucapnya.

Andika Prabowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3574 seconds (0.1#10.140)