Bangli Menuju Kabupaten Layak Anak

Kamis, 27 November 2014 - 05:00 WIB
Bangli Menuju Kabupaten Layak Anak
Bangli Menuju Kabupaten Layak Anak
A A A
BANGLI - Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, kemarin mendeklarasikan diri menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). Deklarasi digelar di Lapangan Kapten Mudita Bangli, Rabu (26/11/2014).

Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta Sudikerta menjelaskan, deklarasi Bangli menuju Kabupaten Layak Anak bertujuan mempersiapkan anak-anak sebagai potensi masa depan sekaligus calon-calon pemimpin bangsa yang tangguh dan berkualitas melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak.

"Sehingga, anak-anak dapat hidup, tumbuh, dan berkembang optimal, terlindungi dari berbagai bentuk tindak kekerasan dan diskriminasi," jelas Sudikerta.

Wagub mengapresiasi Bangli yang merupakan kabupaten ketiga setelah Gianyar dan Tabanan yang telah mendeklarasikan diri menuju KLA. Deklarasi tersebut bersamaan dengan peringatan Hari Aksara Internasional tingkat Provinsi Bali.

"Saya menyambut baik langkah maju Bangli ini karena saya yakin upaya ini akan membawa Bangli makin peduli dan terus meningkatkan upaya pemenuhan hak-hak anak dalam rangka menciptakan SDM masa depan yang tangguh."

Sudikerta juga menyampaikan beberapa alasan mengenai pentingnya seluruh kabupaten/kota di Bali mendeklarasikan diri menuju KLA.

Pertama, kenyataan bahwa berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik Provinsi Bali 1,2 juta jiwa lebih adalah anak-anak. Proyeksi jumlah anak di Kabupaten Bangli ada sekitar 66 ribu jiwa dari penduduk sekitar 221 ribu jiwa. Artinya, keberadaan anak-anak tersebut tidak bisa diabaikan.

Kedua, anak adalah calon penerus dan pemimpin bangsa. "Ketiga, saat ini perubahan dunia global berpotensi mengancam tata nilai, norma sosial, keluhuran etika, dan budaya lokal," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)