Momentum Awal Mengemban Tugas

Senin, 24 November 2014 - 15:35 WIB
Momentum Awal Mengemban...
Momentum Awal Mengemban Tugas
A A A
Pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta periode 2014-2019 secara resmi telah dilantik 18 November 2014 lalu. Momentum tersebut dilaksanakan melalui rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Purwakarta, Jalan Raya Ir H Djuanda Nomor 11, Kecamatan Jatiluhur.

Tugas berat mereka menanti di depan pascapelantikan pimpinan DPRD. Mereka dituntut bekerja maksimal sebagai perwujudan dari legislator di daerah. Amanah yang dipikul tidak terlepas dari menjalankan konstitusi di daerah.

Sehingga amanat rakyat dapat terlaksana secara baik. Dalam rapat paripurna istimewa beberapa waktu lalu itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, yang diawali dengan pembukaan oleh Ketua DPRD sementara Dudung Abdulah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah para pimpinan dewan. Ketua DPRD Sarip Hidayat, Wakil Ketua I Warseno, Wakil Ketua II Sri Puji Utami dan Wakil Ketua III Neng Supartini langsung ke depan.

Dengan didampingi rohaniawan agama Islam, pengambilan sumpah oleh Kepala Pengadilan Negri Purwakarta berlangsung khidmad. Usai pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan palu pimpinan dari Dudung Abdulah kepada Sarip Hidayat. Setelah itu, Sarip beserta empat wakilnya menuju kursi pimpinan yang ada di depan. Acara pelantikan itu dihadiri seluruh anggota DPRD.

Selain turut hadir Bupati Dedi Mulyadi dan Wakil Bupati Dadan Koswara, serta pejabat penting di lingkungan Pemkab Purwakarta, dan tamu undangan lainnya. Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Purwakarta Sarip Hidayat meminta para anggota dewan untuk fokus dalam menyelesaikan tugasnya, di antaranya pembahasan APBD 2015.

Meski waktu yang tersisa dalam pembahasan ABPD 2015 sangat singkat, namun dia memastikan rapat anggaran dan tugas lainnya dapat selesai sesuai target. “Sekarang tinggal fokus bekerja. Saya yakin, dengan soliditas para anggota dewan, pembahasan anggaran dapat selesai sesuai target. Selanjutnya untuk menyelesaikan pembuatan perda dan lain-lain,” ujarnya.

Rapat paripurna istimewa ini berlangsung secara marathon. Setelah pelantikan pimpinan DPRD, acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan alat kelengkapan dewan (AKD). Mereka dituntut pembuktian untuk segera melengkapi personel yang akan duduk di AKD. Alhasil, semua pekerjaan rumah, baik dalam pengisian pimpinan DPRD maupun AKD dapat terealisasi dalam waktu sehari.

Sementara itu, segala prosesi dari pelantikan ke-45 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu Legistatif 2014, pelantikan pimpinan DPRD, hingga pembentukan AKD dapat terlaksana dengan baik. Lalu, apalagi? Tinggal para legislator ini bekerja. Rakyat berharap agar sumpah dan janji yang diucapkan para legislator tidak sekadar seremonial pelantikan, tetapi sungguh-sungguh diimplementasikan melalui sikap dan tindakan konkret saat menjalankan fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat.

Sekadar mengingatkan kembali sentilan Iwan Fals melalui lagu Surat Buat Wakil Rakyatyang dirilis pada 1987 lalu. Salah satu penggalan syair lagu tersebut menorehkan pesan sangat jelas bagi para wakil rakyat, yakni “di hati dan lidahmu kami berharap, suara kami tolong dengar lalu sampaikan. Jangan ragu jangan takut karang menghadang, bicaralah yang lantang jangan hanya diam,”

Didin Jalaludin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)