Eceng Gondok Kotori Sungai Musi

Kamis, 20 November 2014 - 13:45 WIB
Eceng Gondok Kotori Sungai Musi
Eceng Gondok Kotori Sungai Musi
A A A
PALEMBANG - Derasnya hujan beberapa hari terakhir ini, membuat banyaknya tanaman rawa yakni eceng gondok mulai mengotori Sungai Musi.

Dari pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, eceng gondok cukup banyak tersebar di aliran arus Sungai Musi. Beberapa serang yang berada di kawasan Kelurahan 7 Ulu- 10 Ulu cukup kha w atir jika eceng gondok terse but melekat di baling-baling perahu mereka.

Seorang serang perahu ke tek Kalim,38, mengatakan, sejak dua hari terakhir ini eceng gondok cukup banyak tersebar di per airan Sungai Musi. Meski tidak terlalu menganggu, namun terkadang eceng gondok itu membuat baling-baling perahu keteknya terhambat.

“Sedang banyak saja pak, mungkin terbawa arus dari hulu sungai. Ya, sepetot (eceng gondok) ini kalau masuk dibawah mesin harus di lepaskan dengan manual alias diceburi,” ungkapnya, ke marin. Kalim mengungkapkan, jumlah eceng gondokakan bertambah lagi jika hujan deras terus terjadi. Bia sanya dia se ring kali mengangkat eceng-eceng gon dok itu kedaratan agar tidak menganggu perahu ketek miliknya, saat ada penumpang yang meminta antar menyeberang ke ulu atau ilir.

“Repot juga pak kalau pas ada penumpang, eh balingba ling terikat eceng gondok, bahanya kalau ada kapal cepat atau besar lewat, tidak bisa menghindar nanti,” pung kasnya. Senada dikatakan, Wa hab, 34, nelayan yang tinggal di kawasan Lorong Keramat Ke lurahan 5 Ulu. Menurut dia, beberapahari terakhir memang cu kup banyak dijumpai eceng gon dok di pinggir sungai. “Biasalah terbawa arus, jadi ya kita harus bersih-bersih dulu se be lum kapal jukung berangkat me laut,” katanya.

Hal tersebut, kata Wahab, meski tidak terlalu menganggu tapi cukup merusak pemandangan. Apalagi jika banyak turis yang datang melihat keindahan kehidupan warga Sungai Musi. “Paling tidak ya, dibersihkan sajalah. Kita juga sebagai warga Palembang merasa tidak enak jika ada turis yang datang dan bertanya. Kok banyak eceng gon dok ya?” ujarnya sambil tersenyum. Sementara, Anggota DPRD Palembang, Siti Suhaepa mengatakan, curah hujan di Kota Palembang mulai meninggi.

Dia mengimbau, agar masyarakat khususnya yang berada dikawasan seberang ulu, untuk membersihkan saluran air got. “Ya mari kita sama-sama member sihkan got dan gorong-go - rong agar tidak terjadi genangan air akibat saluran air tersumbat,” katanya.

Muhammad uzair
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6942 seconds (0.1#10.140)