Puting Beliung Kembali Mengamuk

Rabu, 19 November 2014 - 14:13 WIB
Puting Beliung Kembali Mengamuk
Puting Beliung Kembali Mengamuk
A A A
GUNUNGKIDUL - Wilayah Gunungkidul kembali diterjang angin puting beliung saat hujan mengguyur, sejak Senin (17/11). Puluhan rumah rusak dan satu orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Informasi yang berhasil di himpun KORAN SINDO YOGYA, keja dian angin puting beliung ini p a ling parah menimpa wilayah De sa Salam, Patuk. Di desa ini, ru mah berbentuk limasan milik Tar midi, 45, warga Dusun Ngasemayu mengalami kerusakan aki bat tertimpa pohon durian yang berada di belakang rumahnya. Pohon durian dengan diameter dua meter ini roboh dan menimpa bagian tengah rumah tersebut. Akibat peristiwa ini Tar midi mengalami luka bagian ka ki kirinya lantaran tertimpa ba ngunan rumah.

“Setelah kejadian korban terpaksa dilarikan ke Puskesmas Patuk 1 dan men dapat jahitan,” ungkap Dukuh Ngasemayu Tri Hernowo kepada wartawan, kemarin. Selain rumah milik Tarmidi, ru mah lain yang mengalami kerusakan parah diantaranya milik Partinah, 52; Teguh Prakoso, 38; Setyo Wardoyo, 70; dan Bayu Anjasmoro, 42. “Kalau yang gentingnya berhamburan banyak lagi. Ini hanya rumah yang ru sak parah saja,” tuturnya.

Kepada sejumlah wartawan, Tarmidi mengatakan, sebelum da tang angin kencang, hujan turun dengan deras. Setelah hujan reda, secara tiba-tiba angin ber tiup kencang. “Anginnya kencang dan membentuk pusaran, Saya berada di teras dan ke luarga saya langsung keluar ru mah,” kata Tarmidi. Karena suara gemuruh angin yang cukup keras, dia tidak mengetahui pohon durian di belakang rumahnya ambruk dan menimpa rumahnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, malam hari se telah kejadian, pihaknya lang sung mengirimkan tim reaksi cepat melakukan pem bersihan. “Sasaran utama adalah po hon yang melintang di jalan se hingga mengganggu arus lalu lintas,” katanya.

Pagi harinya (18/11), BPBD kembali melakukan pembersihan dengan sasaran rumah-rumah warga yang tertimpa pohon. Selain melakukan evakuasi, BPBD juga memberikan bantuan logistik permakanan bagi kor ban dan warga yang kerja bakti. “Kami juga memberikan ban tuan terpal dan peralatan un tuk bayi,” tandasnya.

Suharjono
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7770 seconds (0.1#10.140)