Optimalisasi Tiga Fungsi DPRD

Selasa, 18 November 2014 - 12:52 WIB
Optimalisasi Tiga Fungsi DPRD
Optimalisasi Tiga Fungsi DPRD
A A A
PALEMBANG - DPRD sebagai lembaga per wakilan rakyat di daerah, memiliki peran penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Peran tersebut, diwujudkan dalam tiga fungsi, yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan.

“Untuk itu, periode mendatang tiga fungsi ini akan saya optimalisasikan sehingga pem bangunan di daerah benar-benar bi sa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” ungkap Ke tua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) M Giri Raman dha Kiemas, usai Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD Sum sel Definitif periode 2014-2019, di gedung DPRD Sumsel, kemarin.

Menurutnya, dengan ditetap kannya pimpinan definitif, maka dewan juga mulai mempersiapkan pembentukan berbagai alat kelengkapan dewan (AKD) yang terdiri komisi-komisi, Banggar, Banleg, Ban mus dan BK. Kesiapan sudah se makin ma tang dirasakan dalam menjalankan tugas dan fungsi dewan.

“Kalau tidak ada hambatan, hingga penghujung bulan November ini, semua alat keleng-kapan sudah terbentuk dan berjalan sebagaimana mestinya. Kalaupun mengalami keterlambatan, kita targetkan awal Desember semua sudah rampung,” kata politisi PDIP Sumsel ini. Dijelaskannya, dalam pe laksanaan ketiga fungsi tersebut, DPRD masih mengalami hambatan, sehingga fungsi DPRD perlu dioptimalkan. Walau demikian, Giri enggan un tuk menjelaskan secara rinci dan ia kembali memfokuskan pada AKD.

“Mudah-mudahan se mua dapat berjalan sesuai yang kita harapkan, dan nant inya bisa mengawal pemerintahan ke depan untuk jauh lebih baik,” ucapnya. Dalam Paripurna II DPRD Sumsel, agenda penetapan empat calon pimpinan DPRD Sumsel, dipimpin oleh Ketua DPRD sementara MA Gantada bersama wakil ketua sementara Chairul S Matdiah. Dalam acara tersebut tampak hadir Wagub Sumsel, Ishak Mekki dan sejum lah unsur Muspida dan SKPD di lingkung Provinsi Sumsel.

Pakar Politik Universitas Sriwijaya (Unsri) Kgs M Sobri menyatakan, hambatan fungsi pengawasan yang ada di lembaga legislatif itu disebabkan beberapa faktor. Diantaranya, masih rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), belum maksimalnya penyusunan rencana kerja pengawasan DPRD, dan rendahnya komitmen atau motivasi anggota DPRD. “Hal ini tentunya dapat dengan mudah diatasi asalkan mereka (wakil rakyat) mau belajar, dan memang memiliki komitmen untuk mem perjuang kan hak-hak rakyat,” katanya.

Menurutnya, adapun untuk optimalisasi DPRD di bidang legislasi, dapat dilakukan melalui peningkatan kemampuan legal drafting, alokasi anggaran dalam penyusunan naskah akademik, dan penyediaan tim ahli. Sementara di bidang ang garan, diantaranya melalui di si plin waktu dalam tahap perencanaan penganggaran, pemahaman terhadap pengelolaan keuangan daerah, dan asistensi tim ahli.

“Memang, dalam melaksanakan fungsinya dewan tidak dapat melaksanakan sendiri tan pa melibatkan ma syarakat, serta kalangan ter didik atau akademisi. Karena jelas, in formasi-informasi tersebut timbul sebuah ide atau so lusi dalam menghadapi ke su li tan dalam menjalankan tugas anggota dewan,” tandasnya.

Sementara itu terpisah, sebanyak empat orang pimpinan DPRD Kota Palembang periode 2014-2019 akan segera dilantik. Setelah empat orang pimpinan tersebut menda patkan Surat Keputusan (SK) pelantikan dari gubernur Sumsel. Sekretaris DPRD Kota Palembang, Syaiful Anwar me nga - takan, sekretariat DPRD Kota Palembang telah mempersiapkan acara pelantikan pimpinan DPRD Kota Palembang, yang akan berlangsung pada 20 November mendatang.

“Jadi pelantikan akan dilaksanakan pada 20 November. Sebab kami sudah menerima SK dari gubernur Sumsel untuk melantik pimpinan DPRD Kota Palem - bang,” jelas Syaiful, kemarin. Syaiful mengungkapkan, empat pimpinan yang dilantik itu yakni Ketua DPRD Kota Palembang, Darmawan dari PDIP, Wakil Ketua Ardiyansyah dari Partai Golkar, Mulyadi, dari Partai Demokrat, dan Sri Wahyuni dari Partai Gerindra.

Sementara, Ketua DPRD Ko ta Palembang, Darmawan me ngatakan, seluruh SK dari em pat partai politik telah diterima oleh masing-masing pimpinan DPRD. Dan sekretaris dewan telah menerima SK dari gubernur Sumsel hingga pada Kamis (20/11) nanti pimpinan dewan segera dilantik. “Ya, Senin tadi sudah keluar SKdari gubernur. Dankamite lah melaksanakan rapat pim pi-nan Insya Allah kamis semua pimpinan dewan dilantik,” terang dia.

Ibrahim arsyad/ Muhammad uzair
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)