23 Ribu Jiwa Penduduk Blitar Pengangguran

Senin, 17 November 2014 - 20:03 WIB
23 Ribu Jiwa Penduduk Blitar Pengangguran
23 Ribu Jiwa Penduduk Blitar Pengangguran
A A A
BLITAR - Sebanyak 23.046 jiwa penduduk usia produktif, di Kabupaten Blitar tercatat sebagai pengangguran. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat pun mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar bursa kerja setiap tahun.

"Data ini mengacu rilis BPS tahun 2013. Bahwa 3,74% dari 855.357 jiwa penduduk Kabupaten Blitar berstatus pengangguran. Ini harus diatasi dengan bursa kerja," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Gatot Darwoto, Senin (17/11/2014).

Angka pengangguran, baik tingkat SLTA maupun sarjana, selalu bertambah setiap musim kelulusan tiba. Sementara di Kabupaten Blitar sendiri, tidak banyak lowongan pekerjaan yang bisa diharapkan bagi para pencari kerja.

Tidak banyak perusahaan yang mampu menampung angka kelulusan. Disisi lain, pemerintah kurang maksimal dalam menyampaikan informasi kerja. Akibatnya, tidak sedikit warga yang memburu informasi kerja, termasuk di antaranya menjadi buruh migran ilegal.

"Jumlah perusahaan yang ada tidak berbanding lurus dengan angka kelulusan setiap tahunya. Ini harus segera dibenahi dengan menggandeng perusahaan di dalam maupun luar Blitar," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar Herman Widodo mengakui, bursa kerja akan menguntungkan kedua belah pihak. Dalam hal ini dinas hanya sebatas membantu memberikan informasi.

"Hanya sebatas informasi. Tidak sampai pada merekomendasikan. Sebab setiap perusahaan memiliki standar masing-masing," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7184 seconds (0.1#10.140)