Lagi, Gempa Susulan Guncang Manado

Sabtu, 15 November 2014 - 17:27 WIB
Lagi, Gempa Susulan Guncang Manado
Lagi, Gempa Susulan Guncang Manado
A A A
MANADO - Gempa susulan kembali terjadi di Kota Manado dan sekitarnya. Prakirawan Gempa Stasiun Meteorologi BMKG Sulut Nur Fitriani mengatakan, gempa 5,3 SR yang terjadi pukul 17.48 WITA, tidak berpotensi tsunami.

"Gempa baru-baru ini tidak berpotensi tsunami. Warga diharap tenang dan jangan panik," ujarnya, Sabtu (15/11/2014).

Menurut Nur, update terbaru, hari ini perairan Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Malut (Suluttenggo-Malut) terjadi delapan kali gempa sejak pukul 10.31 WITA hingga pukul 17.48 WITA.

"Maaf tadi kami informasikan hanya tiga kali terjadi gempa. Kami baru mendapatkan update terbaru, yakni perairan laut Sulttenggo-Malut sudah terjadi delapan kali gempa," jelasnya.

Gempa pertama, kedua, dan ketiga berstatus siaga tsunami. Lima gempa sesudahnya tidak ada potensi tsunami lagi. "Karena itu sekali lagi warga jangan panik tapi tetap waspada walau status tsunami sudah tidak ada," harapnya.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa 5,3 SR itu berpusat di 133 km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

Gempa susulan tersebut tidak membuat panik warga. Hal itu berbeda dengan gempa siang tadi.

"Ia betul ada gempa baru-baru ini. Tapi kami tidak terlalu panik dibanding siang tadi. Pasalnya gempa sore ini bahkan tidak terlalu terasa getarannya," ujar Herdyan, salah satu warga ditemui di Kawasan Megamas, Manado.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6150 seconds (0.1#10.140)