Penutupan Tambak Udang Belum Tentu Akhir Tahun 2014

Senin, 10 November 2014 - 07:00 WIB
Penutupan Tambak Udang Belum Tentu Akhir Tahun 2014
Penutupan Tambak Udang Belum Tentu Akhir Tahun 2014
A A A
BANTUL - Meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul pernah mengatakan bakal menutup tambak udang di sepanjang Pantai Selatan Bantul tanggal 31 Desember 2014, keputusan tersebut belum final. Pemkab Bantul masih belum mengambil kebijakan komprehensif lainnya.

Bupati Bantul Sri Suryawidati mengatakan, belum lama ini pemilik lahan, Gusti Hadi (adik dari Sri Sultan HB X), melakukan dialog dan sosialisasi dengan semua pengusaha tambak udang di kawasan pesisir Pantai Selatan Bantul. Dalam dialog tersebut, pihak Keraton sebenarnya tidak melarang aktivitas tambak di kawasan Sultan Ground.

"Tambak itu tidak dilarang, asalkan sesuai dengan aturan," ujarnya, Minggu (9/11/2014).

Ida, panggilan akrab Bupati, belum dapat memastikan apakah penutupan tersebut akan dilaksanakan 31 Desember mendatang. Sebab, dari ungkapan Gusti Hadi, aktivitas tambak udang ternyata diperbolehkan asalkan ada aturan.

Sampai saat ini, Pemkab Bantul belum memiliki peraturan tata letak tambak udang tersebut. Rancangan peraturan daerah tentang Rencana Dasar Tata Kelola (RDTK) kawasan belum juga kelar. Meski Perda Zonasi sudah ada, hal tersebut belum cukup kuat untuk mengatur keberadaan tambak udang di kawasan Pantai Selatan Bantul.

Ida tampak belum yakin apakah akan dilaksanakan serempak tanggal 31 Desember mendatang. "Belum tahu apakah 31 Desember ataupun menunggu Perda terlebih dahulu," tambahnya.

Namun, Ida mengaku tidak akan terlalu tegas dalam persoalan tambak udang tersebut. Karena, Ida sadar tidak bisa memberi pekerjaan terhadap orang-orang yang selama ini bekerja di tambak-tambak udang tersebut.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Surawan mengatakan, Polres Bantul akan melakukan penertiban. Namun, semua itu bergantung pada sikap Pemkab Bantul.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2797 seconds (0.1#10.140)
pixels