Tunanetra Diajari Komputer dan Internet

Jum'at, 07 November 2014 - 17:56 WIB
Tunanetra Diajari Komputer dan Internet
Tunanetra Diajari Komputer dan Internet
A A A
KULONPROGO - Kelainan fisik gangguan penglihatan bukan menjadi halangan bagi penyandang tunanetra berkarya. Banyak penyandang yang mam pu berkomunikasi dan ber interaksi melalui media sosial berbasis internet.

Bahkan, ada yang menjadi pelaku usaha dan jual beli online. “Sudah banyak tunanetra yang sukses dan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dengan perangkat komputer,” kata Koordinator pelatihan kom puter yang juga Ketua III DPP Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Tri Bagio di sela-sela memberikan pela tihan kepada 30 penyandang tunanetra di King’s Hotel, Wates, kemarin.

Pelatihan yang digagas DPP Per tuni ini dilaksanakan selama lima hari, mulai 4 November hing ga 8 November men datang, bekerja sama dengan Yayasan Damandiri. Peserta tidak hanya diajarkan untuk mampu mengoperasionalkan komputer mengetik atau mengeprint saja. Namun, juga bagaimana men cari informasi di internet, brow sing, hingga menggunakan jejaring sosial.

Ketua DPD Pertuni DIY Sardi mengatakan, penyeleng garaan pelatihan komputer bagi tunanetra ini merupakan yang kedua kalinya di DIY. Pelatihan ini bisa menambah wawasan para penyandang tunanetra sehingga bisa mengoperasikan internet dan bisa mengakses berbagai berita. “Harapan kami Pemda Kulonprogo memberi ruang yang bagus bagi tunanetra, di mana sejak kecil di sekolah juga di la tih komputer, jadi sedini mungkin,” katanya.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)
pixels