Jalur Pendakian ke Semeru Tetap Buka hingga Januari

Rabu, 05 November 2014 - 11:58 WIB
Jalur Pendakian ke Semeru Tetap Buka hingga Januari
Jalur Pendakian ke Semeru Tetap Buka hingga Januari
A A A
MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru belum menutup jalur pendakian ke Semeru hingga Januari 2015, walaupun ada pendaki mahasiswa S2 UGM yang tewas beberapa hari lalu.

Jalur pendakian tetap buka seperti biasa dan batas pendakian hingga Kalimati yang berada di ketinggian 2.700 meter di bawah permukaan laut (mdpl).

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari mengatakan, Taman Nasional belum memutuskan penutupan setelah ada insiden seorang pendaki yang tewas di Gunung Semeru. "Belum, rencana sementara penutupan awal Januari," kata Ayu Dewi Utari, Rabu (5/11/2014).

Menurutnya, penutupan jalur pendakian rutin dilakukan setiap tahun untuk pemulihan ekosistem kawasan.

Selain itu, penutupan jalur pendakian biasanya dilakukan ketika cuaca di kawasan Semeru terlalu ekstrim sehingga membahayakan pendaki.

Jalur pendakian tetap buka seperti biasa dan setiap hari dibatasi maksimal 500 orang. Para pendaki juga diwajibkan membuat surat pernyataan tak akan naik ke puncak Mahameru ketika melakukan registrasi di Pos Perizinan Ranupani.

"Jika melanggar dan terjadi bahaya yang mengancam keselamatan nyawa, itu menjadi tanggung jawab pendaki," kata Ayu.

Ayu menambahkan, larangan naik ke puncak Mahameru sesuai rekomendasi dari PVMBG Bandung demi keselamatan para pendaki.

Sebab, aktivitas Semeru tidak bisa diprediksi. Beberapa minggu terakhir lontaran lava pijar bahkan menyebabkan kawasan hutan di lereng Semeru terbakar. Namun, aliran lava pijar jauh dari jalur pendakian.

Dia mengimbau kepada para pendaki mematuhi aturan demi keselamatan dan keamanan masing-masing.

Bekal dan cukup serta persiapan mendaki harus disiapkan secara matang agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8503 seconds (0.1#10.140)