Terboyo Segera Direnovasi Total

Selasa, 04 November 2014 - 11:53 WIB
Terboyo Segera Direnovasi Total
Terboyo Segera Direnovasi Total
A A A
SEMARANG - Terminal Terboyo dipastikan akan direnovasi total. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah menyiapkan anggaran senilai Rp25 miliar di Rancangan APBD 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomino) Kota Semarang Agus Harmunanto mengatakan, pemkot memutuskan membiayai sendiri pembangunan Terminal Terboyo setelah berusaha mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat tak ditanggapi. Pembangunan akan dilakukan secara multiyears mengingat total kebutuhan anggaran mencapai Rp70 miliar-Rp80 miliar. “Kini tinggal menunggu pengesahan dari DPRD,” katanya, kemarin.

Renovasi total harus segera dilakukan karena kondisi Terminal Terboyo sangat memprihatinkan. Selain selalu tergenang rob, bangunan terminal juga sudah tidak layak. Instalasi listrik banyak yang putus dan kios-kios pedagang pun banyak yang rusak.

Proyek yang sifatnya pembangunan konstruksi itu dimasukkan dalam anggaran Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP). Untuk tahap awal, dianggarkan sebesar Rp25 miliar digunakan untuk pembangunan landasan terminal dan kios-kios pedagang.

“Karena kebutuhan anggaran sangat besar sehingga dilakukan tiga tahun anggaran. Tahun 2015 ini dianggarkan, kemudian 2016 dan 2017. Tapi kalau pada anggaran perubahan memungkinkan melakukan penambahan, kami ajukan lagi, sehingga pembangunan bisa cepat selesai,” katanya.

Terpisah, Kepala DTKP Kota Semarang Agus Riyanto membenarkan pihaknya mendapat luncuran alokasi anggaran pembangunan Terminal Terboyo dari Dishubkominfo. Anggaran sebesar Rp25 miliar itu sudah disetujui TAPD dan telah dimasukkan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2015.

“Usulan dana itu memang dari Dishubkominfo, termasuk desainnya. Tapi, saya minta agar Dishub melakukan review desain terkait prioritas penggunaan anggarannya.

Jadi anggaran Rp25 miliar itu nanti jadinya seperti apa, kalau memang masih kurang, akan kami anggarkan lagi. Yang pasti dilakukan bertahap,” katanya.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi membenarkan pihaknya telah menganggarkan Rp25 miliar untuk perbaikan Terminal Terboyo. “Tapi itu belum selesai, masih harus dua tahap, karena dari DED (detail engineering design ) itu diperkirakan butuh Rp48 sampai Rp50 miliar. Dan kami adanya anggaran separo ya separo dulu,” katanya.

M Abduh
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1042 seconds (0.1#10.140)