Kubu Raya Butuh 7000 CPNS

Minggu, 02 November 2014 - 06:46 WIB
Kubu Raya Butuh 7000 CPNS
Kubu Raya Butuh 7000 CPNS
A A A
KUBU RAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kubu Raya Kusyadi mengatakan, proses perekrutan CPNS tahun 2014 yang telah berlangsung beberapa waktu lalu, tidak akan terganggu dengan moratorium perekrutan CPNS selama lima tahun.

”Proses perekrutan CPNS tahun 2014 ini akan tetap berjalan, karena moratorium tidak ada penerimaan CPNS hingga lima tahun kedepan ini baru akan direncanakan," katanya, kepada wartawan, Sabtu (1/11/2014).

Ditambahkan dia, dari jumlah keseluruhan PNS di Kubu Raya, sekitar 5.654 pegawai, termasuk tenaga kesehatan dan tenaga pengajar. Jumlah itu masih kurang jika dibandingkan dengan luas Kubu Raya.

“Kalau dibandingkan dengan cakupan luas wilayah, saya rasa jumlah 5.654 pegawai tersebut memang masih sangat kurang. Apalagi karena letaknya yang cukup jauh, hingga sekarang masih cukup banyak daerah yang belum terjamah oleh pelayanan pemerintah kabupaten,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, jika dibandingkan jumlah penduduk di Kubu Raya yang mencapai 500 ribu lebih, dan tersebar tidak merata di sembilan kecamatan, dan dianalisis berdasarkan letak geografis, maka idealnya Kubu Raya harus memiliki 7.000 pegawai.

”Secara geografis, Kubu Raya sangat luas dan terpisah-pisah oleh daratan dan perairan. Maka saya rasa kebutuhan kita akan PNS juga harus dibedakan dengan kebutuhan kabupaten atau kota yang mudah diakses," terangnya.

Kusyadi menambahkan, terkait proses perekrutan CPNS Kubu Raya 2014, hingga kini pihaknya masih menunggu berkas pengesahan dari Badan Kepegawaian Negara RI yang masih dalam proses.

”Hasil tes telah dilaksanakan, dan seluruh hasil tes telah kita keluarkan. Namun sesuai aturan, berkas tes harus dilimpahkan ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) BKN RI," jelasnya.

Kusyadi menjelaskan, setelah berkas-berkas dikembalikan Panselnas ke BKD Kubu Raya, baru akan diumumkan melalui keputusan bupati yang nantinya secara resmi mengumumkan para CPNS yang diterima untuk menambah jumlah aparatur pemerintahan di Kubu Raya.

“Setelah pengumuman, nantinya tidak akan ada lagi tes-tes yang diberikan kepada para lulusan CPNS tersebut. Setelah pengumuman, kami hanya meminta kepada lulusan yang ada untuk memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditentukan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5459 seconds (0.1#10.140)