Tangan Orang Meninggal Bisa Ditransplantasikan

Selasa, 28 Oktober 2014 - 00:10 WIB
Tangan Orang Meninggal...
Tangan Orang Meninggal Bisa Ditransplantasikan
A A A
BANDUNG - Perkembangan dunia kedokteran terus berkembang. Salah satunya, transplantasi organ tubuh tangan, yang diambil dari tangan orang yang sudah meninggal.

“Untuk di Indonesia memang belum familiar, namun secara kemampuan tenaga medisnya sudah cukup mumpuni,” ungkap Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Melinda Hospital, Widya Arsa, usai pertemuan Rapat Kerja Bedah Orthopedi Spesialis Tangan di Melinda Hospital 2, beberapa waktu lalu.

Metode ini disebut transplantasi tangan bionic. Menurut dia, di luar negeri cara ini sudah banyak dilakukan. Dia mengaku, saat ini bedah orthopedi atau bedah tulang memang mengalami peningkatan yang cukup pesat, termasuk dalam perkembangan ilmunya.

"Bahkan, jika dulu hanya satu ilmu orthopedi, kini sudah bercabang, bahkan ada dokter spesialisasi untuk orthopedi tangan," ujarnya.

Koordinator Rapat Kerja Orthopedi, H.M Rizal Chaidir membenarkan metode tersebut. Namun, jumlah dokter orthopedi khusus tangan jumlahnya masih sedikit.

"Di Indonesia yang memiliki dokter khusus orthopedi spesialis tangan baru 27 orang saja. Namun, tidak tersebar merata di semua provinsi, bahkan di Yogyakarta saja tidak memiliki bedah orthopedi tangan ini," paparnya.

Sebab itu, sejumlah dokter spesialis orthopedi tengah merancang pengembangan pendidikan spesialis orthopedi, khususnya orthopedi tangan di beberapa daerah. "Nantinya, jumlah dokter khusus orthopedi ini akan berkembang dan tersebar di Indonesia," jelasnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)