Ini Kronologi Pemblokadean PT Freeport

Rabu, 08 Oktober 2014 - 13:58 WIB
Ini Kronologi Pemblokadean PT Freeport
Ini Kronologi Pemblokadean PT Freeport
A A A
TIMIKA - Sekelompok karyawan yang berasal dari tujuh suku di Timika kembali memblokade Jalan menuju lokasi penambangan Grasberg PT Freeport di Mile 72 Ridge Camp Tembagapura, Timika, Papua. Akibatnya aktivitas penambangan terhenti.

Berikut kronologi aksi pemblokadean :

  1. Pukul 01.00 WIT, karyawan putra daerah melakukan pemblokadean jalan dengan memasang tenda dan memarkir alat berat melintang di jalan utama yang mengakibatkan akses jalan menuju Grassberg area Mile 74 tertutup.
  2. Pukul 01.15 WIT, terkumpul sekitar 50 orang warga karyawan dan Non karyawan telah bergabung di lokasi pemblokadean. Selanjutnya mereka memasukkan alat berat sebanyak 5 unit dan memasang tenda tepat melintang di tengah jalan.
  3. Pukul 01.20 WIT, Kapolsek Tembagapura AKP Sudirman beserta anggotanya, 1 Pleton Brimob Anggota Satgas Amole dan 8 orang securiti QRF tiba di lokasi selanjutnya mengamankan lokasi.
  4. Pukul 01.30 WIT, jumlah massa bertambah sekitar 75 orang selanjutnya memasang Spanduk yang bertuliskan " DEMONSTRASI TIM PEMBERDAYAAN SECARA PRIFESIONAL UNTUK MELAHIRKAN BAYI HARGA DIRI 7 SUKU - PAPUA " di spanduk juga terpasang beberapa foto pertemuan-pertemuan.
  5. Pukul 03.00 WIT, aksi masyarakat yang melakukan pemblokadean jalan masih berlanjut dan massa diperkirakan telah berkumpul sekitar 90 orang masyarakat karyawan yang dipimpin oleh Johny Magal, Suku Amungme, (karyawan Fasilitis Management) Barak L-251 Tembagapura, dari info yang didapatkan bahwa masyarakat karyawan yang melakukan aksi tersebut adalah Suku Mee (Paniai) dan Suku Dani.
  6. Pukul 05.00 WIT, aksi blokade jalan masih berlanjut, diperoleh informasi bahwa beberapa masyarakat non karyawan dari area Banti dan sekitarnya telah berjalan kaki dari area Terminal Mulki Tembagapura menuju Ridge Camp karena akses bus untuk ke area Ridge Camp sementara dihentikan, aparat kepolisian menempatkan personil satgas untuk melakukan patroli dan pam di area Mill 74.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9986 seconds (0.1#10.140)