Jamaah Syattariyah Baru Salat Id Hari Ini

Senin, 06 Oktober 2014 - 09:45 WIB
Jamaah Syattariyah Baru Salat Id Hari Ini
Jamaah Syattariyah Baru Salat Id Hari Ini
A A A
PADANG -
Ratusan Jamaah Tarekat Syattariyah di Sumatera Barat baru melaksanakan salat Idul Adha (Id) pada hari ini.

Salah satunya di Kecamatan Pauh, Kota Padang dimana ratusan Jamaah Tarekat Syattariyah mengelar salat Id di Masjid Tajul Arifin Gunung Nago hari ini, Senin (6/10/2014)

Imam Jamaah Syattariyah Ali Akbar mengatakan, penentuan hari raya Idul Adha dan salat Id bagi Jamaah Tarekat Syattariyah berdasarkan melihat bulan dengan mata telanjang.

serta berdasarkan penghitungan kalender Syattariyah yang juga berlaku saat penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1435 Hijriyah sebelumnya.

Metode kalender Syattariyah ini, kata Ali, telah dipakai secara turun temurun oleh para jamaah di berbagai daerah.

Usai melaksanakan Salat Id hari ini, ungkap Ali, dilanjutkan dengan khutbah berbahasa Arab serta pemotongan hewan kurban.

Menurut Ali, Jamaah Syattariyah tersebar di sejumlah daerah di Sumbar seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Batu Sangkar, Ssolok dan beberapa kawasan lainnya.

Sedang di Kabupaten Padangpariaman Jamaah Syattariyah tersebar di antaranya di Kecamatan Sungai Sariak, Patamuan dan berpusat di Ulakan Tapakis yang serentak melaksanakan salat Id pada hari ini juga.

“Pelaksanaan salat Id ini selalu berbeda dengan pemerintah setiap tahunnya. Namun cara pelaksanaan beribadahnya tetap sama, “ ungkap Ali, Senin (6/10/2014).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9035 seconds (0.1#10.140)