16 Sapi Kurban di Bandung Terjangkit Cacing Hati

Senin, 06 Oktober 2014 - 06:45 WIB
16 Sapi Kurban di Bandung Terjangkit Cacing Hati
16 Sapi Kurban di Bandung Terjangkit Cacing Hati
A A A
BANDUNG - Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung menemukan cacing hati pada hewan kurban yang dipotong di sejumlah tempat, saat Hari Raya Idul Adha, Minggu 5 Oktober 2014.

Temuan cacing hati pada hewan kurban ditemukan di sejumlah mesjid diantaranya Mesjid Baitulnur, Mesjid Nyengsered, Mesjid Sudirman. Jumlah sapi yang terkena cacing hati berjumlah 16 ekor.

"Berdasarkan pendataan sementara hasil pemeriksaan post mortem, cacing hati ditemukan pada 16 ekor, dari 188 ekor jumlah sapi yang diperiksa," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah, di Mesjid Al Ukhwah Jalan Wastulencana, Kota Bandung.

Jeroan yang telah terinfeksi cacing hati ini, selanjutnya dipisahkan oleh petugas, agar tidak dikonsumsi masyarakat. "Sesuai prosedurnya, jeroan yang mengandung cacing hati akan diberi karbol. Setelah itu, akan kita kubur," ungkap Elly.

Elly menjelaskan, cacing hati ini berasal dari pakan rumput yang tertempel cacing, kemudian dimakan hewan ternak. "Jadi cacingnya ini masuk melewati pakan. Telur cacing ini, inangnya berasal dari siput," jelasnya.

Menurut Elly, jeroan yang telah terinfeksi cacing hati akan berdampak buruk pada kesehatan jika dimakan. Meski penyakit ini tidak tergolong berbahaya.

"Meski penyakit ini bukan tipe zoonosa (menular ke manusia), tetapi akan berdampak buruk pada pencernaan jika dimakan oleh manusia," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8134 seconds (0.1#10.140)