Tiga Kampus Besar di Makassar Gelar Salat Id

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 10:09 WIB
Tiga Kampus Besar di Makassar Gelar Salat Id
Tiga Kampus Besar di Makassar Gelar Salat Id
A A A
MAKASSAR - Tiga perguruan tinggi negeri dan swasta besar di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar Salat Id pada Sabtu (4/10/2014) ini. Ketiga kampus tersebut adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Muhammadiyah.

Salat Id di UIN Alauddin dilaksanakan di pelataran parkir Kampus I UIN Jalan Sultan Alauddin dengan khatib Mohammad Harjum Rahim. Sedangkan yang memimpin salah Id adalah imam tetap Masjid Kampus I UIN Ustaz Haeruddin.

Sejumlah pejabat tinggi rektorat UIN Alauddin termasuk Rektor Prof Qadir Gassing terlihat di antara ribuan jamaah. Meski padat, tertibnya jamaah memarkir kendaraan membuat Jalan Alauddin tidak macet.

"Tidak ada judi yang kita mainkan kala senggang. Tidak ada iri kala tetangga dapat kenikmatan. Tidak ada kecurigaan kala tampak kejanggalan. Semuanya mengabdi dan berjuang untuk mendapatkan keridhaannya," ujar Harjum saat menyampaikan khotbah Id.

Menurut Ustaz Haeruddin, Kampus II UIN Samatta, Kabupaten Gowa baru menggelar salat Id, Minggu 5 Oktober sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan pemerintah.

Sementara, di Kampus Unismuh Makassar Jalan Alauddin, ribuan jamaah khusyuk menggelar Salat Id. Tampil sebagai khatib merangkap imam, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN yang juga Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Unismuh Prof Ambo Asse.

Sedangkan Salat Id di Kampus UNM Gunungsari dilaksanakan di Masjid Nurul Ilmi. Sebagai khatib ulama besar Sulsel Anre Gurutta (AG) Bakry Asrib. Selain itu, titik pelaksanaan Salat Id yang juga dihadiri jamaah dalam skala besar yakni di Masjid Baitulrahman Jalan Urip Sumoharjo dan Pusat Dakwah Muhammadiyah Jalan Perintis Kemerdekaan.

Demikian juga dengan ratusan masjid di Makassar memilih menggelar Salat Id hari ini. Di Kelurahan Parang Tambung, gema takbir mulai menggema dari balik masjid setelah Salat Subuh.

Secara umum, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan sebagian pemerintah kabupaten/kota di Sulsel baru menggelar Salad Id, Minggu 5 Oktober 2014. Khusus Pemda Kabupaten Maros dan warganya telah menggelar Salat Id 4 Oktober 2014. Demikian juga mayoritas warga di Kabupaten Enrekang.

Sepekan sebelumnya, Bupati Maros HM Hatta Rahman telah mengumumkan 10 Zulhijah jatuh pada 4 Oktober, sama dengan yang ditetapkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)