Kapal dari Malaysia Bawa Bahan Peledak Ditangkap

Kamis, 25 September 2014 - 11:52 WIB
Kapal dari Malaysia...
Kapal dari Malaysia Bawa Bahan Peledak Ditangkap
A A A
BITUNG - Sebuah kapal laut pengangkut bahan peledak dari Tawao, Malaysia, ditangkap kapal patroli petugas Bea dan Cukai Bitung.

Kapal yang mengangkut puluhan karung ammonium nitrat ini dibawa petugas ke perairan Tagulandang, Sulawesi Utara (Sulut) dan langsung digiring ke Pelabuhan Nusantara, Bitung.

Ammonium nitrat ini biasa dipakai untuk bahan dasar pembuatan bom yang daya ledaknya setara dengan C-4 dan dapat digunakan sebagai bahan penyampur pembuatan pupuk. Awak kapal menyimpannya dengan bentuk kemasan beras untuk mengelabui petugas.

Penangkapan yang tidak biasanya (khusus) ini langsung mendatangkan Tim Penindakan dan Penyidikan Direktorat Pajak Sulawesi dari Makassar pada Rabu (24/9/2014).

“Satu karung yang kami sita ini berisi ammonium nitrat. Apakah semuanya berisi bahan kimia, nanti kita lihat bersama,” tandas Kepala Bidang dan Penyidikan Pajak wilayah Sulawesi Agus Amijaya, Kamis (25/9/2014).

Hingga kini, barang berbahaya hasil tangkapan kapal patroli Bea dan Cukai belum diketahui secara keseluruhan. Rencananya, Kamis (25/9/2014) sore akan dipublikasikan.

Kepala Seksi Penindakan, Kantor Bea dan Cukai Bitung Herry Setiawan mengaku masih melakukan penelitian. Dugaan awal, penyelundupan merupakan barang impor. “Masih buutuh penelitian lebih dalam. Kami masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait.”

Sejauh ini, kapal dan barang ilegal tersebut masih berada di Pelabuhan Nusantara, Bitung dengan penjagaa ekstra ketat dari phak kepolisian
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)