Lagu Anak-anak Bisa Mencegah Tindak Kriminalitas

Selasa, 23 September 2014 - 12:03 WIB
Lagu Anak-anak Bisa Mencegah Tindak Kriminalitas
Lagu Anak-anak Bisa Mencegah Tindak Kriminalitas
A A A
SURABAYA - Lagu anak-anak yang semakin langka membuat daya perkembangan anak semakin memprihatinkan. Hal ini berakibat pada tingginya angka kriminal pada anak.

Data yang dihimpun wartawan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyebutkan, angka kriminalitas anak usia SD-SMP cenderung meningkat tajam.

Direktur Surabaya Crisis Children Center Edward Dewaruci mengatakan, lagu anak-anak memiliki dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan psikologis anak ke depan. Karena lagu anak mampu menciptakan kreatifitas dan daya imajinasi positif.

"Pemerintah harus mengambil langkah-langkah. Kondisi saat ini memang hampir tidak ada lagu anak-anak. Namun harus ada solusi, yakni pemerintah menciptakan kegiatan-kegiatan yang ramah anak lebih intens jika tidak ingin anak-anak Indonesia menjadi pelaku kriminalitas," kata pria yang akrab disapa Tetet, kepada wartawan, Selasa (23/9/2014).

Salah satunya adalah dengan memfasilitasi kegiatan budaya anak-anak. Yakni mengenalkan nilai-nilai budaya lokal yang arif kepada anak. Dia mencontohkan, acara pentas seni di Surabaya, pada Sabtu dan Minggu, di balai pemuda misalnya.

Jadwalnya diatur sedemikian rupa sehingga anak-anak di Surabaya memiliki penyaluran kreatifitas.

"Seni dan budaya sebagai salah satu membangun karakter. Nantinya, anak-anak akan ramah terhadap lingkungan sekitar. Bukan seperti saat ini, anak-anak dicekoki tayangan-tayangan percintaan dan membuat dewasa sebelum waktunya," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)