Listrik Padam, Pelayanan Publik di Solo Terganggu

Senin, 22 September 2014 - 17:29 WIB
Listrik Padam, Pelayanan Publik di Solo Terganggu
Listrik Padam, Pelayanan Publik di Solo Terganggu
A A A
SOLO - Gara-gara listrik padam, pelayanan publik di Solo terganggu, Senin (22/9/2014) siang tadi. Pemadaman listrik dilakukan menyusul rusaknya pembangkit di Pacitan.

Berdasar informasi yang dihimpun KORAN SINDO, listrik padam itu berawal sekitar pukul 09.00 WIB. Pemadaman itu berlangsung satu jam setelah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Solo mulai melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Akibat listrik padam, praktis pelayanan yang sempat dibuka itu terhenti beberapa lama. Hingga akhirnya listrik baru menyala kembali pada siang hari. Kondisi mati listrik itu membuat masyarakat yang datang sejak pagi hari untuk melakukan pengurusan administrasi di di beberapa instansi terpaksa pulang kembali ke rumah masing-masing.

Kasubid Penerbit dan Verifikasi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kota Solo Muh Nasrullah membenarkan kondisi itu. Menurutnya, aktivitas di kantornya itu lumpuh dan tidak bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat. Ia menyebutkan semua sistem yang ada di kantornya itu sudah menggunakan komputer sehingga saat listrik padam pelayanan tidak bisa dilakukan.

Saat listrik padam tersebut, pelayanan hanya terbatas sampai pendaftaran, sedangkan untuk aktivitas lain harus menunggu listrik menyala. "Tadi hidupnya bertahap, siang sudah mulai hidup dan bisa untuk mengoperasikan komputer kembali," ucapnya.

Pejabat Humas PT PLN Persero Kantor APJ Surakarta Suharmanto mengatakan, pemadaman listrik itu tidak hanya terjadi di Kota Solo. Menurutnya, beberapa wilayah sekitar juga terdampak hal yang sama. Wilayah yang terdampak listrik padam itu di antaranya Sukoharjo, Grogol, Kartasura, Palur, Karanganyar, dan beberapa wilayah Sragen.

Ia menyebutkan pemadaman itu terpaksa dilakukan karena adanya kerusakan di Pembangkit Unit 1 Pacitan. Padahal, unit itu menyuplai daya di wilayah Solo dan sekitarnya, sehingga mau tidak mau pemadaman itu harus terjadi. Pihaknya menyebutkan PLN mulai meminta pasokan listrik dari PLN Yogyakarta. Hal itu dilakukan agar listrik yang padam bisa dihidupkan kembali.

Pasokan listrik itu bakal terus dilakukan hingga nantinya pembangkit Pacitan 1 selesai diperbaiki. "Kami berharap selama perbaikan dilakukan masyarakat untuk hemat listrik terlebih dahulu," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8476 seconds (0.1#10.140)