2 Peneliti Jepang Belajar Budaya Islam di Indonesia

Jum'at, 19 September 2014 - 16:45 WIB
2 Peneliti Jepang Belajar Budaya Islam di Indonesia
2 Peneliti Jepang Belajar Budaya Islam di Indonesia
A A A
YOGYAKARTA - Dua peneliti budaya dan agama asal Jepang, yakni Aoki Takenobu dan Akutsu Masayuki, melakukan penelitian iklim dalam perspektif Islam, di Indonesia.

"Kami ingin melihat dan belajar sejauh mana perspektif agama selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama diintegrasikan dengan ilmu pengetahuan," kata Aoki yang fasih berbahasa Indonesia, Jumat (19/9/2014).

Penelitian itu, katanya berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Jepang, yang mulai mengesampingkan agama, dan budaya. Melalui penelitian itu dia berharap, ada manfaat yang bisa dipetik masyarakat Jepang.

"Selama ini, masyarakat Jepang selalu membelakangkan urusan kepercayaan dan budaya. Ini menjadi sangat penting, sebab jika tidak cepat ditangani, akan membahayakan bagi negara kami sendiri," sambung Aoki.

Dosen Chiba Universty, Jepang, ini menambahkan, kedatangan dirinya bersama Akutsu bertujuan untuk melengkapi data penelitiannya, dengan mengunjungi Fakultas Pertanian UMY.

Dalam kunjungan tersebut, mereka mendapat kesempatan mempelajari iklim dalam persperktif Islam oleh Dosen Fakultas Pertanian UMY Ir Gatot Supangkat MP.

"Banyak orang tahu Jepang adalah negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Namun, sayangnya hal tersebut tidak sebanding dengan kepercayaan dan budaya yang ada di Jepang," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7498 seconds (0.1#10.140)