69 Tangki Air Bersih Didistribuskan ke DIY

Selasa, 16 September 2014 - 11:01 WIB
69 Tangki Air Bersih Didistribuskan ke DIY
69 Tangki Air Bersih Didistribuskan ke DIY
A A A
YOGYAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) DIY akan mendistribusikan 69 tangki air bersih ke berbagai wilayah di DIY. Distribusi tersebut dimulai hari ini, Selasa (16/9/2014), dengan mengirimkan enam tangki air ke Gunungkidul.

Staf Operasi dan Distribusi (OD) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kominfo Palang Merah Indonesia DIY Warjiyani mengatakan, pengiriman air bersih tersebut sebagai salah satu bentuk kegiatan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 PMI.

Bantuan air bersih sebanyak 69 tangki ini juga menyesuaikan dengan peringatan HUT ke-69 PMI yang jatuh pada 17 September 2014. "Ini bukti dari bakti kami ke masyarakat," ujarnya, Selasa (16/9/2014).

Selain mengirimkan bantuan 69 tangki air bersih, PMI juga membuka kesempatan kepada pihak swasta atau donatur untuk bersama PMI membantu masyarakat yang terdampak kekeringanan. Jika ada masyarakat yang berminat, bisa mendonasi per tangki berisi 5.000 liter air sebesar Rp120.000.

Menurut Warjiyani, bantuan air bersih tersebut diharapkan mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan. Karena belakangan, dampak kekeringan di berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin meluas, menyusul badai el nino. "Semoga saja bisa membantu meringankan beban masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengakui wilayah yang terdampak kekeringan di Kabupaten Bantul semakin meluas. Daerah yang membutuhkan pasokan air bersih semakin banyak. Salah satu wilayah yang belum lama ini mengajukan bantuan air bersih adalah Kecamatan Dlingo.

"Sekarang kekeringan melanda Kecamatan Imogiri, Pandak, Piyungan dan terakhir di Dlingo."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0997 seconds (0.1#10.140)