Sepekan, 700 Knalpot Bising Disita

Senin, 15 September 2014 - 17:24 WIB
Sepekan, 700 Knalpot Bising Disita
Sepekan, 700 Knalpot Bising Disita
A A A
BANDUNG - Mendapat banyak keluhan dari masyarakat, Pemkot Bandung dan Polrestabes Bandung gencar merazia knalpot bising. Dalam kurun seminggu, sebanyak 700 knalpot bising berhasil disita.

"Kita mendapat laporan dari warga terkait knalpot bising dan kita tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan polisi," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Mapolrestabes Bandung, Jawa Barat, Senin (15/9/2014).

Menurut Ridwan Kamil, keluhan dari masyarakat itu beragam. Mereka ada yang mengadu ke polisi dan juga ke pemkot. Warga merasa terganggu dengan bisingnya suara knalpot. Bahkan ada yang mengeluh bayinya stres karena suara knalpot bising.

Selain melakukan razia, Ridwan Kamil akan melakukan sosialisasi ke sejumlah bengkel penyedia knalpot bising. Ia akan meminta bengkel untuk tidak menyediakan knalpot bising.

Ridwan Kamil lalu mengingatkan kepada pemilik kendaraan agar menerapkan toleransi. Maksudnya, jangan gunakan knalpot bising. "Hormati warga lain yang merasa kebisingan," pintanya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi menyebut pemilik knalpot bising itu mayoritas pelajar dan anggota klub motor. Sebagai langkah preventif, ia dan jajarannya akan mendatangi setiap kecamatan untuk melakukan sosialisasi pencegahan penggunaan knalpot bising.

Selain itu, pihaknya juga akan mendatangi sekolah-sekolah. Sebab mayoritas pengguna knalpot bising adalah pelajar.

Sementara, agar makin banyak pihak yang jera menggunakan knalpot bising, pihaknya melakukan langkah khusus. Kendaraan yang dirazia diwajibkan mengganti knalpot bisingnya dengan knalpot biasa.

"Knalpot orisinilnya harus dibawa dan knalpot bisingnya harus dirusak yang bersangkutan," pungkas Mashudi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3773 seconds (0.1#10.140)