Bobol Kios, Pencuri Sikat Ribuan Bungkus Rokok

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 14:45 WIB
Bobol Kios, Pencuri Sikat Ribuan Bungkus Rokok
Bobol Kios, Pencuri Sikat Ribuan Bungkus Rokok
A A A
YOGYAKARTA - Kios Pasar Relokasi Prambanan di Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibobol pencuri. Sekitar 1.800 bungkus rokok dibawa kabur pencuri tersebut.

Berdasarkan keterangan, pencuri merusak kunci gembok serta rolling door kios milik Sartana (46), warga Cepoko, Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Pencurian ini baru diketahui Jumat (22/8/2014) sekitar pukul 05.00 WIB, saat Budiharti (43), istri Sartana hendak membuka pintu kios. Ibu tiga anak itu kaget karena tak melihat gembok yang menempel dan rolling door tidak terkunci.

"Sore kemarin pukul 17.00 kios tutup, semua pintu sudah terkunci, ada gembok juga. Tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB istri saya kaget saat akan buka kios, karena sudah tidak ada gembok dan pintu kios bisa dibuka," kata Sartana, Jumat (22/8/2014).

Sartana bersama istrinya pun mengecek ke dalam kios, ternyata sudah dalam keadaan acak-acakan. Sedikitnya, ada 28 bal rokok beragam merek di dalam kios amblas. Satu bal isinya ada 10 dan 20 slop rokok, sedangkan satu slop ada yang isi 10 hingga 20 bungkus rokok.

"Rinciannya ada 26 item rokok, jumlah total ada sekitar 1.800 bungkus rokok. Kalau hitungan kerugian lebih dari 24 juta. Sepertinya cuma rokok, barang yang lain tidak diambil, rokok yang harganya murah juga enggak diambil," kata Sartana yang juga sebagai Penasihat Paguyuban Pedangan Kios Pasar Prambanan.

Sartana mengakui keamanan di pasar tersebut tidak optimal. Ada lima orang penjaga malam dari Dinas Pasar Pemkab Sleman. Selain itu, lokasinya juga jauh dari keamanan karena tidak ada pagar yang menutup kompleks pasar relokasi.

"Bayangin saja, jumlah pedagang di sini ada 1.310 orang. Untuk kompleks sisi timur sini, termasuk kios saya ini, jumlahnya ada 720 kios. Sisanya di barat jalan. Kita sebenarnya sudah waswas karena terbuka, di tengah area persawahan," urainya.

Ka SPK Polsek Prambanan Aiptu Mujiman membenarkan adanya pencurian tersebut. Olah Tempat Kejadian Perkara juga sudah dilakukan pagi tadi sekitar pukul 06.30 WIB. "Olah TKP tadi kemungkinan pelaku merusak dengan linggis," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)