Nongol di Sungai, Buaya 3 Meter Ditangkap Warga

Rabu, 02 Juli 2014 - 19:02 WIB
Nongol di Sungai, Buaya 3 Meter Ditangkap Warga
Nongol di Sungai, Buaya 3 Meter Ditangkap Warga
A A A
PEKANBARU - Seekor buaya berukuran besar muncul di sebuah sungai di Desa Kiyab Jaya, Kecamatan Bandar Sejijang, Kabupaten Pelalawan, Riau Rabu (2/7/2014). Karena takut wargapun melaporkan hal ini ke camat dan pihak kepolisian.

Tidak berapa lama, pihak kepolisianpun bersama warga langsung melakukan penangkapan buaya berjenis kelamin jantan itu.

Kapolsek Bandar Sekijang AKP Ardinal Efendi menegaskan dibutuhkan waktu dua jam untuk bisa menangkap buaya. Karena saat akan dijerat warga buaya tersebut melakukan perlawanan sehingga binatang reptil ini mengalami banyak luka.

"Setelah mendapat informasi dari masyarakat adanya buaya, kita langsung ke lokasi. Bersama warga kita menangkap buaya dari dalam sungai," kata Ardinal.

Menurut Ardinal, buaya jantan ini memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat sekira 250 kilogram. Setelah berhasil ditangkap, pihak kepolisian pun melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau.

"Dan sore tadi buaya ini telah kita serah terimakan kepada pihak BBKSDA karena mereka yang menangani satwa langka dan dilindungi tersebut," imbuhya.

Penangkapan di Desa Kiyab bukan pertama kali ini saja. Sekira sebulan lalu seekor buaya betina yang ukurannya lebih besar juga ditemukan dan berhasil ditangkap warga.

"Kemungkinan buaya yang ditangkap kali ini pasangan dari buaya betina dengan berat 400 kilogram yang ditangkap beberapa waktu lalu. Namun sejauh ini belum ada laporan korban penyerangan buaya di daerah kita. Langkah penangkapan ini kita lakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, " imbuhnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2910 seconds (0.1#10.140)