Jumlah Pengangguran di Garut Membengkak

Senin, 30 Juni 2014 - 14:27 WIB
Jumlah Pengangguran di Garut Membengkak
Jumlah Pengangguran di Garut Membengkak
A A A
GARUT - Tingkat pengangguran pada usia produktif di Kabupaten Garut semakin membengkak. Saat ini, penganggur dari kalangan usia ini di Garut mencapai 60.000 orang.

"Masalah pengangguran untuk usia pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi di Garut sudah memasuki fase yang mengkhawatirkan. Problemnya sudah serius kalau tidak segera dicarikan solusi," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (30/6/2014).

Rudy mengaku pihaknya tengah memikirkan apa saja program yang akan diprioritaskan untuk mengantisipasi membengkaknya angka pengangguran. Menurutnya, program perluasan tenaga kerja tidak dapat ditunda-tunda mengingat lulusan sekolah atau angkatan kerja terus menerus bertambah di setiap tahun.

"Insya Allah program yang sudah direncanakan matang ini akan terlaksana. Sebab RPJMD untuk tahun 2015 mendatang sudah disetujui DPRD. Saya akan merealisasikannya untuk menggenjot beberapa sektor yang bisa dijadikan lapangan pekerjaan baru," ujarnya.

Tiga sektor yang akan mendapat prioritas untuk memperluas lapangan pekerjaan baru ini adalah sektor pariwisata, pertanian, dan industri kreatif. Sektor pariwisata akan difokuskan pada pembukaan sepuluh titik kawasan atau objek wisata baru.

"Dibukanya lapangan kerja ini akan dikerjakan secara profesional, dikelola dengan manajemen yang sehat sehingga diharapkan akan menyerap banyak tenaga kerja. Hal ini akan juga diberlakukan dengan sektor lainnya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)