Perantau Asal Sumut Diminta Pulang Bangun Daerah

Rabu, 25 Juni 2014 - 18:34 WIB
Perantau Asal Sumut Diminta Pulang Bangun Daerah
Perantau Asal Sumut Diminta Pulang Bangun Daerah
A A A
JAKARTA - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau kepada para putra dan putri terbaiknya yang saat ini ada di luar Kepulauan Sumatera untuk segera pulang ke daerah asal, membantu pemerintah melakukan pembangunan.

Menurut Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, pembangunan daerah Sumut kini sudah sangat pesat. Bahkan melebihi tingkat nasional tiap tahunnya, yakni 6,5 persen, dari pembangunan nasional yang hanya dua koma persen.

"Para perantau yang berasal dari Sumut semoga bisa segera kembali ke kampung halamannya dan melakukan pembangunan di Sumut," kata Gatot, saat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Ditambahkam dia, Pemda Provinsi Sumut tidak bisa melakukan pembangunan sendiri, tanpa bantuan dari putra dan putri terbaiknya yang kini banyak berada di luar daerah.

"Provinsi Sumut berada di bagian barat Indonesia. Pusat pertumbuhan ekonomi di Sumut berada dibeberapa daerah, terdiri dari Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Kualanamo," tambahnya.

Dilanjutkan dia, wilayah yang sedang proses pembagunan itu sangat membutuhkan banyak tenaga ahli. Dia berharap, tenaga ahli yang mengembangkan pembangunan tersebut bisa dilakukan oleh putra dan putri terbaik yang dimiliki Sumut.

Menurutnya, banyak sektor pembangunan di Sumut yang masih sangat membutuhkan tenaga profesional. Ada kawasan perkebunan sawit dan karet, serta ada juga sektor pariwisata. Beberapa wilayah itu sangat berpotensi menjadi unggulan pembangunan di Sumut.

"Perkebunan sawit dan karet merupakan potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Sebab, kita sudah tidak punya sumber minyak dan mineral. Selebihnya, kita punya sektor pariwisata," pungkasnya.

Dengan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, Sumut diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia bagian barat. Kepada putra dan putri terbaik Sumut, berminatkah kalian pulang dari merantau dan membangun daerah Sumut?
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2179 seconds (0.1#10.140)