Abadikan Sisingamangaraja ke-XII di Ruang Publik

Senin, 23 Juni 2014 - 19:02 WIB
Abadikan Sisingamangaraja...
Abadikan Sisingamangaraja ke-XII di Ruang Publik
A A A
DOLOKSANGGUL - Dua fasilitas publik di Bandara Udara Silangit, Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), dan Stadion Sepak Bola di Simangaronsang, Kecamatan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas), diusulkan menggunakan nama Sisingamangaraja.

Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata MPR Manullang mengatakan, pengusulan tersebut telah dipaparkan dihadapan sejumlah kepala dinas pariwisata lintas kabupaten, di sekitar Danau Toba, Tapanuli.

“Kalau secara khusus, untuk bandara memang akan kita usulkan setelah ada kesepakatan dengan sejumlah kabupaten kota lainnya. Sebab bandara tersebut merupakan milik dari seluruh kabupaten di sekitar Danau Toba," katanya, di Dolok Sanggul, Medan, Senin (23/6/2014).

Sementara untuk pengusulan stadion akan dilakukan setelah pihaknya, setelah merampungkan inventarisasi peninggalan Raja Sisingamangaraja ke-XII yang masih ada di Humbahas.

"Selain sebagai simbol dari penghargaan terhadap pahlawan Nasional Sisingamangaraja ke-XII, pengusulan tersebut juga dapat menjadi pendukung untuk pengembangan pariwisata di daerah, kususnya di Tapanuli," bebernya.

Dilanjutkannya, dengan mencantumkan nama Sisingamangaraja di Bandara Silangi dan tempat publik lainnya, maka akan memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk para pengunjung di daerah.

Sementara itu, Sekretaris Forum Sisingamangaraja ke XII Mangarimpun Parhusip mengatakan, selama pengusulan nama tersebut untuk kepentingan penghargaan terhadap Raja Sisingamngaraja ke XII, maka semua pihak akan mendukung.

“Namun jika dari aspek pintu masuk pariwisata dibangun dengan nama Sisingamangaraja ke-XII, maka isi dan muatan pariwisatanya juga harus jelas dengan konsep Sisingamngaraja ke-XII. Sehingga orang memahami apa-apa saja yang menjadi tujuan dari penamaan tersebut," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1268 seconds (0.1#10.140)