54 Siswa SMP di Sumba Timur Tidak Lulus UN

Sabtu, 14 Juni 2014 - 15:30 WIB
54 Siswa SMP di Sumba Timur Tidak Lulus UN
54 Siswa SMP di Sumba Timur Tidak Lulus UN
A A A
SUMBA TIMUR - Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali menempati urutan terakhir kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat tahun 2014. Posisi yang sama pernah terjadi pada hasil UN tingkat SMA dan SMK sederajat lalu.

“Dari total 4.286 peserta UN tingkat SMP sederajat di Sumba Timur, sebanyak 54 orang dinyatakan tidak lulus UN," ujar Yusuf Waluwanja, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur, ketika ditemu wartawan, di ruang kerjanya, Sabtu (14/6/2014).

Sebagian besar siswa yang tidak lulus, berasal dari luar kota. Keterbasasan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik, diduga menjadi faktor penyebabnya. Selain itu, kurangnya pengawasan orangtua juga mendukung terciptanya kondisi ini.

Cukup banyaknya peserta UN yang tidak lulus tahun 2014 ini, disikapi dengan perasaan beragam dari para siswa peserta UN. Ada yang cemas, namun ada pula yang yakin bisa lulus dan melanjutkan ke tingkat SMA.

“Memang pada ujian lalu, saya kesulitan mengerjakan soal matematika, tapi saya yakin lulus,” jelas Rinto, siswa SMP Negeri 02 Nggoa, ketika ditemui di sela-sela acara penerimaan amplop hasil kelulusan.

Walau mengaku yakin, namun kecemasan tetap nampak pada wajah Novi, siswi SMP Negeri 02 yang dimintai komentarnya terpisah.

“Matematika dengan fisika yang paling sulit waktu ujian lalu. Memang saya khawatir dan cemas hari ini. Namun saya yakin Tuhan tolong saya untuk lulus dan membahagiakan orangtua saya,” urai Novi, dengan suara bergetar meredam kecemasannya.

Adapun untuk tingkat Provinsi NTT, dari total 86.150 siswa SMP sederajat yang mengikuti UN sebanyak 99 orang (98,89 persen) tidak lulus UN dan tersebar di 11 Kabupaten, dan sebagian besar atau 54 orang di antaranya terdapat di Kabupaten Sumba Timur. Sedangkan 10 kabupaten lainnya meraih hasil 100 persen lulus.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7071 seconds (0.1#10.140)