1 Korban Gedung Ambruk Berhasil Dievakuasi

Jum'at, 06 Juni 2014 - 18:47 WIB
1 Korban Gedung Ambruk Berhasil Dievakuasi
1 Korban Gedung Ambruk Berhasil Dievakuasi
A A A
SAMARINDA - Setelah melalui proses evakuasi yang cukup panjang, akhirnya satu pekerja yang tertimbun runtuhan bangunan tiga lantai, di Samarinda, Kalimantan Timur, ditemukan. Sepanjang hari Jumat, Tim SAR telah menemukan dua korban terhimpit di bawah reruntuhan.

Dua eksavator dikerahkan untuk mengeluarkan satu korban yang terhimpit beton dan pilar. Tim SAR sempat kesulitan mengeluarkan korban. Sekira pukul 14.30 WITA, korban yang diketahui bernama Toni (35), asal Ponorogo, Jawa Timur, berhasil dievakuasi.

“Kita berhasil mengangkat satu jenazah yang kita duga bernama Toni, dari bawah reruntuhan tadi. Sebelum salat Jumat tadi, kita sudah tahu posisi korban. Namun karena rehat untuk ibadah, jadi kami tunda dulu tadi,” kata Kepala Basarnas Balikpapan Hendra, Jumat (6/6/2014).

Untuk mengeluarkan Toni, Tim SAR harus memotong tumpukan beton yang cukup tebal. Hampir dalam setiap proses evakuasi, tumpukan beton ini yang selalu menjadi hambatan. Usai memotong beton, dua eksavator yang dikerahkan harus menggali tanah di bawahnya.

Sebelum jenazah Toni ditemukan, tiga jam sebelumnya juga telah ditemukan korban atas nama Jono, berusia 50 tahun, asal Ponorogo, Jawa Timur.

Dengan ditemukannya Toni, kini korban yang masih dicari tinggal satu orang. Jumlah tersebut masih dugaan berdasarkan laporan kontraktor yang mempekerjakan mereka. Tim SAR akan melakukan pencarian ditiap celah reruntuhan beton.

“Waktu menggunakan pendeteksi panas, kami ada menemukan titik panas yang kami duga sebagai lokasi korban terakhir. Namun itu masih dugaan, sebab bisa saja panas itu adalah panas tubuh hewan,” katanya.

Jika yang dideteksi itu korban, itu berarti korban sempat bernyawa usai bangunan ruko runtuh. Kini dititik itulah Tim SAR fokus melakukan penggalian.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6290 seconds (0.1#10.140)