Basarnas Turunkan Alat Pendeteksi Suhu Badan

Selasa, 03 Juni 2014 - 15:29 WIB
Basarnas Turunkan Alat Pendeteksi Suhu Badan
Basarnas Turunkan Alat Pendeteksi Suhu Badan
A A A
SAMARINDA - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kaslimantan Timur (Kaltim) mengerahkan sejumlah peralatan untuk mencari korban selamat dalam tragedi runtuhnya ruko di Kompleks Cenderawasih Permai, Jalan Ahmad Yani, RT 13, Kelurahan Temindung Permai, Samarinda.

Peralatan tersebut untuk mendeteksi kemungkinan korban selamat, sebelum evakuasi menggunakan alat berat dilakukan. “Kita saat ini mengutamakan korban selamat terlebih dahulu, jadi tidak menggunakan alat berat," kata Kasi Ops Basarnas Kaltim Mujiono, Selasa (3/6/2014).

Ditambahkan dia, alat yang digunakan adalah Rescue Saw, Thermasl Detector untuk mendeteksi panas, dan Rescue Radar yang bisa mendeteksi denyut nadi. Alat-alat ini merupakan standar yang digunakan untuk evakuasi korban runtuhan gedung.

Untuk personel, pihaknya bahu membahu lintas intansi dan lembaga, untuk mencari korban. Tidak hanya lembaga milik pemerintah, juga ada dari swasta.

“Kami sangat terbantu dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk dari perusahaan. Kami sangat terbantu dengan bantuan banyak pihak ini,” katanya.

Mengenai kesulitan dalam proses evakuasi, Mujiono mengaku terkendala bangunan beton yang runtuh. Sehingga harus memotong beton dan rangka beton. Sedang soal jumlah korban, Mujiono belum berani mengatakan secara pasti.

Hingga kini, pihaknya masih mendapat info simpang siur. Proses pendataan masih terus berlangsung untuk kevalidan data korban.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5742 seconds (0.1#10.140)