Warga Gembok PLTA Singkarak

Kamis, 22 Mei 2014 - 02:34 WIB
Warga Gembok PLTA Singkarak
Warga Gembok PLTA Singkarak
A A A
SUMATERA BARAT - Masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat bergejolak. Kelompok warga dari Nagari (desa) Guguak menggembok pintu intake Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak yang berada di daerah tersebut.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Masrial Akmal, penggembokan dilakukan terkait temuan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Andalas (Unand), Padang. “Hasil temuan PSLH Unand menyebutkan ancaman bencana terhadap kampung kami,”ujar Masrial, Rabu 21 Mei 2014.

Tapi upaya persuasif dengan pihak PLTA Singkarak tidak mendapat tanggapan. “Pihak PLTA tidak ada niat baik untuk menyelesaikan masalah yangg terjadi dan tidak mau melaksanakan hasil audit lingkungan yang dilakukan Unand Padang tahun 2013 lalu,” ujarnya.

Hasil audit lingkungan oleh PSLH Unand memaparkan diduga akibat operasional PLTA Singkarak, sudah terbentuk retakan baru sebanyak enam retakan. Setiap retakan memiliki panjang 250 sampai 300 meter, membentang dan memotong terwongan PLTA Singkarak.”Lokasi cesar (retakan) baru itu di atasnya tempat pemukiman dan sawah ladang kami,”ujarnya.

Menurut Masrial, kalau tidak dicarikan solusi pencegahan maka retakan baru itu mengancam jiwa dan kehilangan rumah, sawah dan ladang.

“Sekarang saja cesar-cesar baru itu telah aktif, terbukti sudah ada tanah warga yang terban sedalam dua meter tepat di atas terowongan PLTA Singkarak,”ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5106 seconds (0.1#10.140)