Embarkasi Palembang Miliki Mock Up Pesawat Pertama di Dunia

Senin, 19 Mei 2014 - 19:36 WIB
Embarkasi Palembang Miliki Mock Up Pesawat Pertama di Dunia
Embarkasi Palembang Miliki Mock Up Pesawat Pertama di Dunia
A A A
PALEMBANG - Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi yang pertama di dunia memiliki mock up pesawat haji. Selain memiliki mock up pesawat Haji, embarkasi ini juga mempunyai duplikasi Ka'bah yang besarnya sama dengan aslinya di Mekkah.

Mock up pesawat haji yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin Sabtu 17 Mei 2014 di Kompleks Asrama Haji Palembang ini, menggunakan jenis pesawat Airbus A 330-200 dan berlogokan Garuda Indonesia.

Menurut Direktur Sumberdaya Manusia (SDM) dan Umum PT Garuda Indonesia Heriyanto Agung Putra mengakui, pihak maskapai sebagai salah satu pesawat haji merasa terbantu dengan adanya mock up yang diprakasai oleh Pemerintah Provinsi Sumsel ini untuk keperluan Jamaah Haji Indonesia pada umumnya dan khususnya Sumsel.

“Ini merupakan mock up pesawat haji pertama di dunia, dan ini menjadi lebih mudah bagi awak pesawat kami untuk memberikan bimbingan kepada jamaah sebelum melakukan dengan perjalanan dengan pesawat sesunggunya,” ujar Heryanto dalam rilis yang dikirim ke Sindonews, Senin (19/5/2014).

Pihaknya, kata Heriyanto, sebelum ini tidak pernah terpikirkan untuk memberikan pengenalan terhadap fasilitas pesawat, yang selama ini banyak belum dikenal oleh para jamaah haji Indonesia.

“Kami merasa bangga dengan pemikiran Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang telah jauh berpikir kedepan untuk memperlancar ibadah haji,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sendiri mengaku bahwa latar belakang membangun mock up pesawat ini tidak lain untuk memberikan pembelajaran kepada Calon Jamaah Haji untuk lebih mengenal cara menggunakan fasilitas yang ada dalam pesawat.

Karena melihat selama ini banyak jamaah haji yang kesulitan menggunakan fasilitas itu, seperti penggunaan safety belt dan juga toilet. Karena kebanyakan dari jamaah haji tersebut sudah usia lanjut dan belum pernah naik pesawat.

“Tidak aneh kalau banyak jamaah haji bingung menggunakan toilet pesawat, sehingga ini menjadi kendala untuk mensucikan diri di dalam pesawat. Berangkat dari pengalaman ini kami membantu para jamaah agar mengenal fasilitas pesawat sebelum terbang dengan pesawat sebenarnya,” ujar Alex.

Menurut Alex, mock up pesawat haji yang dibangun oleh PT Yamakubi Eginering service diselesaikan dalam waktu satu tahun, dalam musim haji tahun 2014 ini sudah bisa digunakan sebagai fasilitas alat peraga untuk manasik dan juga belajar mengenal berbagai fasilitas.

Mockup ini didesain seperti sungguhan, dengan 42 tempat duduk, Nantinya, jamaah dapat mengetahui tata cara di dalam kabin pesawat pada saat melakukan perjalanan panjang. Serta membangun kesadaran jamaah dalam unsur keselamatan.

“Ini bukan hanya memberikan ilmu-ilmu agama, tetapi kita juga mengenalkan berbagai macam pelajaran untuk meninggalkan kemiskinan dan kebodohan selama ini. Pekerjaan ini merupakan kerja nyata untuk kita berikan kepada jamaah haji,” tuturnya.

Fasilitas yang dimiliki asrama haji terbaik ini bukan hanya mock up pesawat haji saja, tetapi embarkasi Palembang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainya untuk memberikan kemudahan bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah haji.

Diantara fasilitas tersebut ada Hotel Syariah yang lengkap dengan menu Arab, dan pembayarannya juga dengan menggunakan uang riyal, sehingga jamaah benar-benar merasakan seperti berada di Mekkah dan Madinah.

Begitu juga dengan Lintasan Sa'i dan Ka'bah yang ukuran dan jaraknya sama dengan aslinya yang ada di Masjidil Haram, Arab Saudi.

H Alex Noerdin menegaskan, fasilitas Asrama Haji Palembang ini merupakan yang terbaik di Indonesia, bukan hanya fasilitasnya tetapi juga jamaah dalam manasik telah merasakan seperti di tanah suci.

“Selama ini manasik lebih banyak mengenalkan do’a, sekarang kita lengkapi dengan gerakan fisik dimana orang mengelilingi Ka'bah dan Sa'i yang benar-benar sama jaraknya dengan di Mekkah,” tandas Alex.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)
pixels