Guru honorer di pelosok Poso digaji Rp100 ribu

Jum'at, 02 Mei 2014 - 14:07 WIB
Guru honorer di pelosok Poso digaji Rp100 ribu
Guru honorer di pelosok Poso digaji Rp100 ribu
A A A
Sindonews.com - Miris melihat gaji guru honorer di sejumlah daerah. Terutama yang berada di pelosok Kabupaten Poso. Tiap tiga bulan sekali, para guru honorer di daerah ini hanya digaji Rp100 ribu oleh pemerintah.

Kisah pilu guru honorer di pedalaman Kabupaten Poso, membuat perusahaan kelapa sawit iba. Mereka menambahkan honor bulanan gaji para honorer sebesar Rp500 ribu di 16 Sekolah Dasar Negeri (SDN).

Management PT Sawit Jaya Abadi Dua Poso Ofier Paath mengatakan, kebijakan memberi upah tambahan itu merupakan penghargaan terhadap pengabdian guru honorer yang selama bertahun tahun memajukan pendidikan di pelosok.

Sejak dimulai pada 2013, secara bertahap program itu sudah mengakomodir 16 guru yang berada di 16 sekolah, di Kecamatan Pamona Tenggara dan Pamona Timur. Dengan bantuan itu, diharapkan pemerintah akan lebih meningkatkan kesejahteraan honorer.

Efran, seorang guru honorer yang telah tiga tahun mengabdi di SDN Tanatuwu, Kecamatan Pamona Tenggara, mengaku bantuan bulanan senilai Rp500 ribu itu sangat berarti untuk membantu perekonomian mereka.

Diakuinya, selama mengabdi sebagai guru, dia mendapatkan upah Rp100 ribu per bulan yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Upah itu bersumber dari Biaya Operasional Sekolah atau BOS.

Meskipun mengabdi dengan gaji yang minim, dia bersama delapan orang rekannya tetap setia untuk melakukan tugas mereka sebagai guru.

Mereka berharap, di Hari Pendidikan Nasional tahun ini, pemerintah dapat lebih memperhatikan nasib para guru honorer yang mengabdi di sejumlah pelosok.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4884 seconds (0.1#10.140)