Puncak Gerhana Matahari Cincin terjadi siang ini

Selasa, 29 April 2014 - 11:40 WIB
Puncak Gerhana Matahari Cincin terjadi siang ini
Puncak Gerhana Matahari Cincin terjadi siang ini
A A A
Sindonews.com - Siang ini, sekira pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, akan terjadi gerhana matahari cincin atau 'Ring of Fire'. Fenomena alam itu terjadi, karena bulan berada di titik terdekat dengan bumi.

"Sebenarnya sejak pukul 10.00 WIB tadi sudah terjadi, tapi nanti puncaknya pukul 14.00 WIB, dan akan berakhir sekira pukul 15.00 WIB," kata Mutoha, Koordinator Pecinta Astronomi 'Jogja Astro Club' dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/4/2014).

Namun, lanjutnya, hanya beberapa wilayah di Indonesia bagian Timur yang bisa melihat. Selain itu, beberapa wilayah selatan Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Di DIY juga terlihat, tapi hanya 0.01 persen, untuk Jawa Tengah mencapai 0.3 persen, dan Jawa Timur 3 persen. Yang paling bisa terlihat itu di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor-Timor," terangnya.

Jika cuaca cerah, lanjutnya, fenomena alam tersebut bisa dilihat. Namun, harus menggunakan alat khusus agar tidak merusak mata. "Bisa dilihat, tapi pakai alat khusus, kalau pakai kaca mata ya yang dipakai untuk ngelas itu tidak apa-apa," jelasnya.

Mutohan mengaku, telah melakukan pemantauan di Parangkusumo, Bantul. Selain itu, pemantauan juga dilakukan di wilayah Pacitan, Jawa Timur. "Kita pantau di Parangkusumo, di luar DIY hanya di Pacitan," imbuhnya.

Disinggung efek dari gerhana matahari ini, Mutoha mengaku tidak ada. "Ini hanya fenomena alam biasa, tidak ada efeknya. Gerhana bisa dilihat jika cuaca cerah seperti siang ini," katanya.

"Bagi Muslim, ya silahkan melakukan salat gerhana. Saya belum tahu apakah ada yang melakukan salat gerhana siang ini," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)