Napi Lapas Kelas IIA Serang kendalikan peredaran narkoba di Banten

Selasa, 22 April 2014 - 14:27 WIB
Napi Lapas Kelas IIA...
Napi Lapas Kelas IIA Serang kendalikan peredaran narkoba di Banten
A A A
Sindonews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, bekerjasama dengan Polda Banten, berhasil membongkar jaringan peredaran narkoba yang dikendalikan narapidana Lapas Kelas IIA Serang, Banten.

"Modus operandinya dikendalikan dari lapas, dan kita dapatkan barang bukti sabu seberat 21,996 gram, serta uang hasil penjualan Rp14 juta, serta dua handphone dari ketiga tersangka, di Pandeglang," kata Kepala BNN Banten Kombes Pol Heru Februanto, di temui di kantornya, Jalan Syech Nawawi Albantani, Banjarsari, Kota Serang, Banten, Selasa (22/4/2014).

Diceritakan dia, terbongkar jaringan narkoba dalam lapas ini bermula dari adanya penangkapan tersangka, di dua lokasi, yakni Hari Agus, Riki Handriyani, dan Ahmad Wardhana, serta Ari Wisnu, yang diketahui sebagai kurir dalam lapas.

Dari tangan tersangka yang ditangkap di Serang, BNN Banten berhasil mendapatkan barang bukti 100 butir ekstasi, dan satu buah telepon genggam dari tangan Ari wibowo.

Diketahui, dari hasil pemeriksaan, seluruh tersangka merupakan kurir yang dikendalikan dari dalam Lapas Kelas IIA Serang, yakni Herdiansyah dan Dodi Kusmiyanto sebagai bandar.

"Seluruh tersangka yang ditangkap dan diketahui dikendalikan oleh kedua orang penghuni Lapas Kelas IIA Serang, mereka hanya kurir di wilayah Banten," jelasnya.

Dia menambahkan, peredaran nakotika melalui lapas/rutan di Banten, kata Heru, tergolong tinggi. Hal itu lantaran bisnis narkotika sangat menggiurkan bagi para bandar yang notabene merupakan warga binaan dengan memanfaatkan celah yang ada di dalam lapas/rutan.

“Sehingga para warga binaan yang merupakan bandar terus menerus melakukan aktivitas negatifnya, meskipun peraturan perundang-undangan terkait penyalahgunaan narkotika telah diperketat dengan adanya PP No.99 tahun 2012,” ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8057 seconds (0.1#10.140)