Pembakaran Pemkab Muratara jadi preseden buruk

Selasa, 01 April 2014 - 10:24 WIB
Pembakaran Pemkab Muratara jadi preseden buruk
Pembakaran Pemkab Muratara jadi preseden buruk
A A A
Sindonews.com - Kuasa Hukum Pemkab Muratara Gabriel H Fuady menegaskan, pihaknya menyerahkan kasus pengerusakan dan pembakaran ruang bagian Hukum, Kepegawaian dan Arsip Pemkab Muratara, di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 70 Kecamatan Rupit, pada Senin 31 Maret 2014, diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Kita minta dilakukan penyelidikan intensif. Sebab, yang dirusak merupakan aset negara dan simbol pemerintahan. Sehingga, memberikan pembelajaran hukum dimasyarakat," ujar Gabriel, kepada wartawan, Selasa (1/4/2014).

Pengacara kondang di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Mura ini menjelaskan, peristiwa itu memberikan preseden buruk. Sebab, Pemkab Muratara sedang giat-giatnya melakukan pembangunan di masyarakat. Namun yang terjadi malah sebaliknya.

"Inilah paradigma yang harus diubah oleh masyarakat, bahwa tindakan pidana jelas tidak diperbolehkan, apapun bentuknya," tegasnya.

Gabriel menyebutkan, untuk sementara, kerusakan yang dialami di ruangan tersebut adalah satu set air conditioner, satu set printer, kertas dokumen, mobiler meja, kursi, kaca jendela pecah, dan plafon yang terbakar api. "Kita masih menunggu Tim Inafis Polres Mura melakukan olah TKP terkait kejadian ini," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Mura AKBP Chaidir mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan dan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk bukti yang ditemukan di lokasi TKP. Mengenai adanya kamera CCTV, Chaidir menegaskan, itu juga akan dilakukan penyelidikan.

"Kita juga telah turunkan Tim Identifikasi di lokasi kejadian. Petugas telah memasang police line," tegas Chaidir.

Perwira menengah berpangkat melati dua ini menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Muratara dan Kodim 0406 untuk memberikan pengamanan khusus di Kantor Pemkab Muratara. "Kami harapkan koordinasi semua elemen pembangunan bersama-sama Polri mengawal pemerintahan di Kabupaten Muratara," tukasnya.

Baca juga:
Kantor Pemkab Muratara dirusak & dibakar
9 CCTV rekam aksi pembakaran Pemkab Muratara
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7916 seconds (0.1#10.140)