8 sirine tsunami di Mentawai tak berfungsi

Rabu, 26 Maret 2014 - 11:30 WIB
8 sirine tsunami di Mentawai tak berfungsi
8 sirine tsunami di Mentawai tak berfungsi
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 8 sirine tsunami yang terpasang di delapan titik lokasi di zona merah terkena dampak tsunami Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat tidak berfungsi karena permasalahan teknis.

Menurut Manajer Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Mentawai Hatisama Hura, penyebab tidak bisa menyala karena pemasangan peralatannya tidak lengkap.

“Sejak dipasang sampai sekarang tidak berfungsi, permasalahannya adalah alatnya tidak lengkap, bisa jadi repeaternya belum terkoneksi,” katanya, Rabu (26/3/2014).

Delapan sirine tsunami itu itu terdapat di Betaet Kecamatan Siberut Barat, di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, di Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan, di Peipei Kecamatan Siberut Barat Daya, di Betumonga dan Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara, di Sioban Kecamatan Sipora Selatan dan di Sikakap Kecamatan Sikakap.

Tak berfungsinya sirine tersebut terlihat juga pada saat digelarnya kegiatan simulasi di Mapaddegat, Desa Tuapeijat, pada Jumat, 21 Maret lalu.

Sirine yang dipakai saat simulasi hanya mobil ranger milik BPBD Mentawai dibantu beberapa kentongan yang dibuat oleh warga.

Termasuk saat kunjungan Wakil Presiden Boediono saat melakukan simulasi gempa Mentawai Megathrust.

Delapan unit sirine tersebut merupakan bagian dari 56 sirine yang dibangun program Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada APBN 2013, senilai Rp25 miliar.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4869 seconds (0.1#10.140)
pixels