Ternak terjangkit flu burung, Dinkes datangi rumah warga

Rabu, 05 Maret 2014 - 10:20 WIB
Ternak terjangkit flu burung, Dinkes datangi rumah warga
Ternak terjangkit flu burung, Dinkes datangi rumah warga
A A A
Sindonews.com - Tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, bersama Dinas Peternakan Kabupaten Bone mengunjungi rumah warga yang ternaknya terserang flu burung, pada Rabu (5/3/2013) pagi di Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kunjungan ini untuk melakukan investigasi terhadap warga yang melakukan kontak langsung terhadap unggas yang terkena serangan virus H5N1 (avian influenza).

Kepala Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Marsuki mengungkapkan investigasi tersebut adalah program tahapan untuk penanggulangan kasus flu burung.

"Kami mendapatkan laporan tentang adanya ternak ayam yang terkena flu burung, sehingga kami melakukan investigasi terhadap warga yang kontak langsung dengan unggasnya itu," ujarnya.

Marsuki mengatakan, masa inkubasi virus flu burung selama dua minggu, "Inkubasi flu burung ini selama dua pekan, jika ada warga yang sakit kami sarankan segera memeriksa ke puskesmas terdekat," kata Marzuki.

Walau demikian kata Marsuki, selama ini ini belum ditemukan adanya penularan flu burung kepada manusia. "Kasus flu burung pernah terjadi 2012 lalu, waktu itu hanya unggas yang kena, tidak ada penularan ke virus flu burung ke manusia," tukasnya.

Sementara itu pemilik ternak yang unggasnya terserang flu burung, Hasbi (56) mengatakan, hingga saat ini keadaan dirinya dan keluarganya baik-baik saja.

"Selama ini saya merasa sehat, begitu juga dengan keluarga, saya rasa flu burung pada ayam itu tidak menular ke manusia," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9407 seconds (0.1#10.140)