Dishubkominfo Boyolali rekayasa lalu lintas

Rabu, 26 Februari 2014 - 13:15 WIB
Dishubkominfo Boyolali rekayasa lalu lintas
Dishubkominfo Boyolali rekayasa lalu lintas
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Boyolali, bakal melakukan sistem rekayasa lalu lintas di jalur Solo - Semarang. Rekayasa dilakukan karena jalur tersebut rawan kecelakaan.

Kepala Bidang lalu Lintas Dishubkominfo Boyolali Sigit Harimulyo, mengatakan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan cara memasang traffic light di simpang tiga Randusari Teras.

Di simpang tiga itu banyak kendaraan keluar masuk karena merupakan kawasan industri. Rata-rata kecepatan para pengguna jalan baik dari arah Solo maupun dari Semarang juga cukup tinggi, sehingga rawan kecelakaan.

“Rekayasa itu dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan seperti kepadatan lalu lintas dan faktor keselamatan bagi pengguna jalan raya,” terangnya Rabu (26/2) siang.

Pemasangan traffic light lanjut dia masih dalam proses dan akan selesai dalam waktu dekat. Selanjutnya akan diuji coba dan diterapkan secara permanen.

Diharapkan dengan pemasangan rambu itu maka angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

“Sebenarnya tidak hanya kawasan itu yang akan kami pasangi traffic light, pemasangan juga akan kami lakukan di Simpang Tiga bandara Adi Seomarmo dan di Simpang Empat jalan Pahlawan Boyolali,” tegasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Boyolali, Ajun Komisaris Polisi (AKP) ALil Rhinenggo, menambahkan rekayasa lalu lintas di jalur Solo-Semarang memang perlu dilakukan.

Selain dengan pemasangan traffic light, diperlukan juga pemasangan rambu-rambu penunjang keselamatan. Rambu tersebut seperti batas maksimal kecepatan dan juga rambu peringatan mengenai rawan kecelakaan.

“Sebenarnya semua dikembalikan ke masyarakat, meskipun dipasangi rambu dan traffic light dengan jumlah banyak, kalau kesadaran masyarakatnya rendah, pastinya kecelakaan akan sering terjadi,” tegasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)