250 Ayam di Warungkiara mati mendadak

Minggu, 23 Februari 2014 - 16:11 WIB
250 Ayam di Warungkiara mati mendadak
250 Ayam di Warungkiara mati mendadak
A A A
Sindonews.com - Sebanyak kurang lebih 250 ekor ayam kampung milik warga Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, mati mendadak.

Dinas Peternakan (Disnak) Sukabumi belum bisa memastikan penyebab kejadian itu, namun dari dugaan sementara kematian ratusan unggas tersebut disebabkan virus flu burung.

Kepala Desa Ubrug, Hamid Muchtar menerangkan hingga Minggu siang (23/2/2014), data sementara berdasarkan pelaporan warga menunjukan jumlah ayam yang mengalami kematian mendadak mencapai 250 ekor.
Namun Hamid memperkirakan jumlah tersebut akan bertambah karena proses pendataan baru dilakukan di beberapa dusun.

Hamid menjelaskan, sebagian besar bangkai ayam sudah dimusnahkan dengan cara dikubur atau dibakar. Langkah ini ditempuh agar peristiwa kematian mendadak yang menyerang unggas tidak meluas.

Disamping itu pemusnahan juga ditujukan agar tidak dikonsumsi warga. Sementara beberapa ekor bangkai ayam lainnya diserahkan ke dinas peternakan untuk dilakukan uji laboratorium.

Kepala Disnak Kabupaten Sukabumi Abdul Kodir mengaku belum bisa memastikan penyebab kematian ratusan unggas di Kecamatan Warungkiara.

Pasalnya disnak masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap bangkai-bangkai ayam yang sudah diambil dari lokasi kejadian sebagai sample.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1237 seconds (0.1#10.140)