Tuhan 91 inspirasi Pastika hentikan perokok di Bali

Minggu, 16 Februari 2014 - 12:53 WIB
Tuhan 91 inspirasi Pastika hentikan perokok di Bali
Tuhan 91 inspirasi Pastika hentikan perokok di Bali
A A A
Sindonews.com - Saat menghadiri kampanye peringatan larangan merokok di Monumen Bajra Sandi, Denpasar, Gubernur Bali Made Mangku Pastika terinspirasi bagaimana menghentikan perokok dari puisi Taufik Ismail yang berjudul Tuhan 91.

Pastika mengatakan, rokok adalah salah satu penyumbang meningkatnya kasus penyakit tidak menular di Bali.

"Harus ada cara mengatasi dan mencegah paparan asap rokok yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat," katanya di lokasi, Minggu (16/2/2014).

Begitu melihat kampanye lima gambar korban rokok yang mengalami gangguan mulut, tenggorokan hingga serangan jaringan dan organ tubuh lainnya Pastika tampak ngeri.

Demikian juga, usai mendengar puisi karya Taufik Ismail berjudul "Tuhan 91" yang mengisahkan bagaimana rokok telah mengancam kesehatan manusia, Pastika terhenyak, kian tersadar.

"Saya rasa itu sangat tepat untuk disiarkan lebih massif ke seluruh Tanah Air termasuk di Bali, saya akan coba siarkan itu semua di media, dan saya minta juga kalangan akademisi membantu agar rakyat lebih sadar akan bahaya rokok," tandasnya.

Sebagai bukti keseriusannya, dia langsung memerintahkan Satpol PP untum melakukan patroli menyidak kawasan Lapangan Niti Mandala Renon, agar bebas dari rokok.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Satpol PP diminta melakukan pengawasan dan memastikan tidak ada orang merokok di kawasan Lapangan Niti Mandala.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6498 seconds (0.1#10.140)