3 rumah warga jebol diterjang arus deras

Rabu, 05 Februari 2014 - 15:28 WIB
3 rumah warga jebol diterjang arus deras
3 rumah warga jebol diterjang arus deras
A A A
Sindonews.com - Akibat arus deras Sungai Kaligunting, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, tanah di tiga desa amblas. Dipastikan, tanah itu tak kuat menahan kikisan arus deras dari sungai itu.

Tiga desa yang tanahnya hilang adalah Mojotrisno, Mancilan dan Kademangan. Selain itu, puluhan rumah yang berada di dekat sungai juga jebol serta ambrol karena tanah dan pondasi sudah hilang.

Warga mengaku, setiap malam cemas apalagi jika hujan terus menerus mengguyur. Mereka khawatir debit Sungai Kaligunting yang sewaktu-waktu meninggi akan semakin menggerus dan merobohkan rumah tempat mereka tinggal.

Seperti di dusun Ngemplak Desa Mojoatrisno ini, puluhan rumah warga sudah jebol dan ambrol di bagian belakangnya. Sebagian tembok bahkan sudah menggantung karena tanah dibawahnya hilang tergerus sungai.

Sementara itu, Kepala Dusun Ngemplak, Satya Husada mengatakan ada 50 rumah kondisinya terancam amblas diterjang arus deras Sungai Kaligunting.

"Dititik lain, plengsengan sungai yang melindungi pemukiman warga juga sudah banyak yang amrbol," tuturnya, Rabu (5/2/2014).

Warga mendesak pemerintah segera turun dan membangun tanggul di tepi sungai agar tidak terjadi korban jiwa.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5297 seconds (0.1#10.140)