78 titik api kepung Kepulauan Riau

Rabu, 05 Februari 2014 - 12:42 WIB
78 titik api kepung Kepulauan Riau
78 titik api kepung Kepulauan Riau
A A A
Sindonews.com - Kebakaran hutan dan lahan (kahutla) terus melanda Riau. Hari ini, terpantau ada 78 titik api (hot spot) berada di provinsi yang sering terjadi bencana kabut asap.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiksa (BMKG) Pekanbaru menyebut, bahwa hot spots di Riau tersebar di empat kabupaten. Daerah terparah ada di Kabupaten Bengkalis.

"Berdasarkan pantauan Satelit Tera dan Aqua, untuk Kabupaten Bengkalis ada 50 hot spots, Inhil 18 titik, Pelalawan enam titik dan Siak empat titik," kata staf BMKG Pekanbaru Ibnu Aminuddin, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (5/2/2014).

Sementara itu, untuk kebakaran di wilayah Pulau Sumatera, Riau merupakan daerah terparah, yakni dengan 78 hot spots. Di mana seluruh Sumatera berjumlah 103. Yakni di Provinsi Aceh ada 13 titik, Sumatera Utara delapan titik, Kepulauan Riau dua titik, dan Bangka Belitung dua titik.

Menurut Ibnu, jumlah titik api di Riau hari ini mengalami penurunan. Di mana pada kemarin berjumlah 117 dengan jumlah terbanyak titik api yakni di Riau berjumlah 50 titik.

"Akibat hot spots ini memang menyebabkan kabut asap. Untuk itu kami imbau untuk tetap waspasa. Karena, kedepannya di Riau curah hujan masih minim. Ini tentunya kemungkinan bertambahnya kebakaran," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.0000 seconds (0.1#10.140)