5 sungai meluap penyebab banjir Kendal

Rabu, 05 Februari 2014 - 07:04 WIB
5 sungai meluap penyebab banjir Kendal
5 sungai meluap penyebab banjir Kendal
A A A
Sindonews.com - Banjir yang melanda Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terjadi lantaran lima sungai yang berada di wilayah tersebut meluap. Akibatnya, sebanyak 10 kecamatan terendam air sekira 50 centimeter.

Berdasarkan data yang dihimpun, lima sungai di Kendal yang meluap adalah Sungai Blorong, Kendal, Waridin, Kuto dan Sungai Bodri.

Sedangkan 10 kecamatan yang terendam yakni Kecamatan Brangsong, Kendal, Ngampel, Patebon, Rowosari, Weleri, Pegandon, Kangkung, Gemuh serta Kecamatan Cepiring.

Dari pantauan di lokasi, warga di wilayah yang terendam banjir memilih mengungsi di tempat yang lebih tinggi seperti di tepi Jalan Pantai Utara (Pantura). Padahal di wilayah tersebut juga tergenang air hingga sekira 30 centimeter.

Warga yang rumahnya tidak terendam banjir dengan sendirinya dijadikan posko pengungsian. Mereka didata untuk kemudian mendapatkan nasi bungkus yang diperoleh dari kelurahan masing-masing.

"Salah satu bangunan yang tidak terkena banjir, ya akhirnya dijadikan pengungsian. Seperti showroom saya, kini dijadikan lokasi pengungsian. Kalau rumah saya sendiri juga terendam banjir sampai perut," ungkap seorang bidan, Sri Drinursih (42), Rabu (5/2/2014).

Sri Drinursih menuturkan, banjir kali ini merupakan yang terbesar setelah Tahun 2008 lalu. Saat itu, banyak pemukiman warga dan jalan-jalan yang tergenang.

Selain rumah pemukiman warga, banjir juga merendam sejumlah komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Kendal.

Camat Kendal Sumaryatmo menyampaikan, banjir yang melanda wilayahnya merendam sebanyak 20 kelurahan. Bahkan, tiga di antaranya terparah. Tiga kelurahan terparah yakni Kelurahan Trompo, Candiroto dan Ketapang.

"Hampir semua kelurahan terkena imbas luapan sungai itu. Terparah sampai setinggi satu setengah meter," ujarnya.

Rumah dinas Kapolres Kendal juga tak luput jadi sasaran luapan air banjir. Kondisi tersebut membuat Kapolres Kendal AKBP Harryo Sugihhartono mengungsi di Mapolres Kendal yang berada di seberang jalan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6057 seconds (0.1#10.140)