Gelombang laut Jawa kikis 100 meter pesisir Kendal

Senin, 03 Februari 2014 - 20:06 WIB
Gelombang laut Jawa kikis 100 meter pesisir Kendal
Gelombang laut Jawa kikis 100 meter pesisir Kendal
A A A
Sindonews.com - Gelombang tinggi di perairan laut Jawa menyebabkan lima rumah di pesisir Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ambruk. Puluhan rumah warga lainnya terancam rusak akibat terjangan gelombang yang tingginya mencapai tiga meter.

Sejak dua pekan terakhir, gelombang tinggi mengikis hampir 100 meter daratan di Desa Sendangsikucing, Kecamatan Rowosari. Sejumlah rumah warga kini hanya berjarak satu meter dari bibir pantai, padahal sebelumnya berada lebih dari 100 meter.

Untuk mencegah abrasi semakin parah, warga dibantu anggota TNI dan Polri melakukan kerja bakti. Mereka memasang batu dan karung berisi pasir untuk memecah gelombang agar tidak menerjang rumah.

Pihak pemerintah kecamatan sebenarnya sudah meminta warga untuk mengungsi ke rumah saudara, namun mereka memilih bertahan.

“Hampir setiap malam saya tidak bisa tidur, khawatir gelombang tinggi menerjang rumah. Tapi mudah-mudahan tidak apa-apa, sudah ada tanggul pemecah gelombang,” aku seorang warga, Senin (3/2/2014).

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kendal Munawir, mendesak pemerintah segera membangun tanggul pemecah gelombang yang permanen. Tanggul tersebut dapat mengurangi abrasi di bibir pantai.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2840 seconds (0.1#10.140)